Amazon Bakal Tutup Alexa.com Mulai Mei Mendatang

0
233
Alexa.com
Foto: Gadgetdiva.id

Amazon akan hentikan layanan peringkat web Alexa.com mulai 1 Mei 2022 mendatang. Kabar ini disampaikan oleh perusahaan pada laman webnya hari ini (9/12).

Setelah tanggal tersebut, Alexa.com tak akan merilis update statistik per bulannya lagi di masa mendatang. Sementara itu, langganan yang ada akan tetap aktif hingga 1 Mei 2022 UTC dan akses akan dicabut setelah batas waktu.

“Setelah lebih dari dua dekade membantu Anda mencari, meraih dan menjangkau audiens, kami akan menutup Alexa.com mulai 1 Mei 2022,” tulis Amazon di laman situs Alexa.com.

Data dari Semrush yang dikutip oleh Bleeping Computer, menyatakan bahwa lintas organik Alexa.com terus menurun. Sehingga, ada kemungkinan Amazon menghentikan layanan tersebut karena penurunan popularitas yang signifikan.

“Terima kasih telah menjadikan kami sebagai sumber utama Anda untuk penelitian konten, analisis kompetitif, analisis keyword dan masih banyak lagi,” tutup perusahaan tersebut.

Alexa.com sendiri didirikan sebagai perusahaan independen pada tahun 1996. Perusahaan tersebut diakuisisi oleh Amazon pada tahun 1999.

Setelah itu, Alexa.com resmi menjadi merupakan anak perusahaan Amzon. Perusahaan tersebut dikenal luas karena sistem peringkat globalnya yang menggunakan data lalu lintas web dari mitranya untuk membuat daftar perusahaan internet paling populer.

Selain sistem peringkat situs web global, Alexa.com dari Amazon juga menawarkan rangkaian lengkap alat analisis SEO dan pesaing dengan langganan berbayarnya.

Alexa.com sendiri memperkirakan lalu lintas situs web berdasarkan sampel jutaan pengguna Internet yang menggunakan ekstensi browser, serta dari situs yang telah memilih untuk memasang skrip Alexa. Pada 2020 lalu, situs tersebut dikunjungi oleh lebih dari 400 juta orang setiap bulannya.

Seperti yang telah disebutkan, situs layanan Alexa.com akan dihentikan mulai 1 Mei 2022 mendatang. Semua akses akan dicabut setelah batas waktu tersebut. Perusahaan juga akan menghentikan Amazon API pada 8 Desember 2022 mendatang.

Baca juga: OPPO Bawa Desain Kamera Retractable, Bisa “Keluar-Masuk”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here