Penjualan PC Naik 15 Persen Walau Ada Krisis Chip

0
penjualan pc

Gadgetdiva.id — Penjualan PC di dunia ternyata mengalami peningkatan meski dilanda krisis chip. Peningkatannya mencapai 15 persen di tahun ini gara-gara pandemi yang berkepanjangan dan masih mengharuskan semua orang beraktivitas di rumah saja.

Dilansir melalui onmsft.com, Rabu, 19 Januari 2022, semua perusahaan riset pasar setuju jika pasar dan penjualan PC tidak terpengaruh oleh krisis chip yang terjadi di dunia. Baik Gartner, Canalys, maupun IDC bahkan sepakat jika peningkatannya cukup tinggi dibanding selama 10 tahun terakhir.

penjualan laptop

Laporan ketiga perusahaan riset itu menunjukkan jika pasar dan penjualan PC naik 15 persen tahun ini, mencapai angka 340 sampai 390 juta unit yang dikapalkan di 2021. Diperkirakan tak hanya memenuhi kebutuhan personal dan rumahan, tetapi karena banyak orang yang sudah peduli dengan spesifikasi perangkat.

Pcs are still flying off shelves despite global chip shortage - onmsft. Com - january 13, 2022

“Mereka mencari PC dengan spek yang lebih tinggi sehingga menempatkan industri dengan nilai sekitar USD70 miliar untuk kuartal terakhir saja. 2021 merupakan masa kebangkitan bagi pasar PC,” ujar Jitesh Ubrani, manager riset IDC, Mobile and Consumer Device Trackers.

Baca juga: Huawei P50 Pocket Resmi Meluncur di China

Untuk urusan perangkat terbanyak dikapalkan, Lenovo memegang posisi atas. Angka pengiriman PC Lenovo hanya 21,7 juta, menunjukkan penurunan 6,5 persen. Namun sepanjang tahun, mereka total telah mengapalkan 82,1 juta unit PC.

Pcs are still flying off shelves despite global chip shortage - onmsft. Com - january 13, 2022

Acer berada di urutan kelima karena pengiriman di kuartal terakhir 2021 hanya 6,6 juta unit. Namun sepanjang tahun, total pengiriman PC Acer mencapai 24,4 juta unit.

Apple berada di posisi atas Acer karena sedang berupaya untuk menciptakan ekosistem sendiri dengan mengembangkan chip silikon M1. Pertumbuhannya di kuartal ini sebanyak 9 persen market share namun peningkatan di tahun 2021, mencapai 28,3 persen.

Di sisi sistem operasi, seperti yang diharapkan, perangkat lunak Microsoft Windows masih menjadi OS yang dominan untuk sebagian besar vendor PC Windows tradisional. Ada peningkatan dalam persaingan ketat di sistem operasi, yang menunjukkan keuntungan untuk Chromebook dan macOS. Tetapi secara keseluruhan, Microsoft mendapat manfaat dari lebih banyak dari lisensi Windows yang keluar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini