Instagram Uji Coba Fitur Subscribe untuk Kreator Konten

0
252
Instagram
Foto: Unsplash/Alex Bracken

Instagram sedang melakukan uji coba fitur subscribe. Kini, pengguna Instagram di Amerika Serikat bakal segera dapat berlangganan konten dari beberapa kreator konten dan influencer untuk mengakses konten dan fitur ekslusif.

Dalam sebuah posting blog, Instagram menyatakan bahwa mereka telah meluncurkan uji coba fitur subscribe mulai kemarin (19/1) dan akan meluncurkannya ke lebih banyak konten kreator yang ditambahkan dalam beberapa minggu mendatang. Penggemar akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten khusus pelanggan dari kreator konten yang mereka ikuti.

Baca juga: Instagram Uji Coba Tampilan Stories Vertikal Mirip TikTok

Konten eksklusif yang terdapat dalam fitur subscribe Instagram itu bisa berupa Lives dan Stories. Pelanggan juga akan mendapatkan lencana ungu di sebelah nama pengguna mereka untuk menandakan status mereka kepada kreator.

Biaya langganan akan berkisar mulai dari USD 0,99 (sekitar Rp 12 ribuan) hingga USD 99,99 (sekitar Rp 143 ribuan) perbulan. Setiap pelanggan dapat memilih harga untuk langganan mereka.

Co-head Produk Ashley Yuki mengatakan kepada TechCrunch bahwa Instagram tidak akan memotong pendapatan berlangganan kreator konten sampai setidaknya tahun 2023. Seluruh kreator konten adalah bagian dari pengujian fitur tersebut.

“Saya bersemangat untuk terus membangun alat bagi kreator konten untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan segera menempatkan alat ini di tangan lebih banyak kreator konten,” ungkap Mark Zuckerberg, CEO Meta yang memiliki Instagram, menulis dalam sebuah posting Facebook. Facebook sendiri juga telah memiliki versi sendiri dari program berlangganan untuk pembuat konten.

Dalam sebuah video, Adam Mosseri menyatakan fitur subscribe ini adalah salah satu cara terbarik bagi influencer dan konten kreator untuk memiliki pendapatan yang dapat diprediksi. Beberapa dari mereka telah memonetisasi fitur Close Friends dengan membebankan biaya kepada penggemar di luar platform untuk akses ke Stories.

Instagram dan Facebook bukan satu-satunya perusaahaan yang meluncurkan fitur subscribe ini. TikTok dan Twitter uga telah memperkenalkan fitur serupa sebelumnya.

Baca juga: Ikuti Cara Mudah Ini Untuk Mengubah Username Instagram

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini