Nama Meghan Markle Dipakai Penipu Bitcoin, Hati-hati!

0
145
meghan markle

Gadgetdiva.id — Meghan Markle merupakan salah satu selebriti yang namanya sering dipakai untuk penipuan bitcoin. Para penipu ulung menggunakan nama wanita itu, bahkan nama suaminya, Pangeran Harry, orang terkaya di dunia Bill Gates dan Richard Branson.

Baru-baru ini nama Meghan Markle dan Pangeran Harry telah digunakan dalam iklan palsu yang dibuat oleh para scammers untuk mengiklankan bitcoin. Dilansir Daily Star, Para penipu itu mengklaim jika Harry dan istrinya itu masih tetap kaya raya dan tidak kekurangan uang karena mampu menghasilkan uang banyak dari mata uang kripto.

Selain menggunakan foto untuk menarik perhatian para penggemar Meghan Markle dan Harry, para penipu online itu juga membubuhkan serangkaian teks interview, seolah-olah mereka telah mewawancari Meghan dan Harry. Dalam interview itu, para penipu seolah ingin meyakinkan para pembaca bahwa mereka telah melakukan hal yang benar dengan ikut bermain kripto.

meghan markle
Britain’s Prince Harry and Meghan Markle speak during the 2021 Global Citizen Live festival at the Great Lawn, Central Park on September 25, 2021 in New York City. (Photo by Angela Weiss / AFP) (Photo by ANGELA WEISS/AFP via Getty Images)

Dilansir melalui BBC, Sabtu, 22 Januari 2022, para scammers sejatinya telah membuat pusing pemerintah. Otoritas kode etik keuangan di Inggris (FCA) mengatakan jika jumlah keluhan terkait dengan penipuan terkait kripto telah naik signifikan. Bahkan dalam lima tahun belakangan, jumlahnya naik 400 persen.

Baca juga: Kylie Jenner, Perempuan Pertama di Dunia dengan 300 Juta Followers Instagram

“Tahun lalu, ada lebih dari 34 ribu laporan terkait dengan investasi kripto yang ditawarkan oleh para penipu ke masyarakat,” ujar FCA.

Banyak dari iklan-iklan palsu itu, ditengarai diproduksi oleh para penipu yang berasal dari Eropa Barat. Iklan-iklan itu muncul sesering mungkin di mesin pencarian atau feed sosial media.

“Masyarakat harus waspada jika iklan investasi seperti ini muncul, apalagi yang menawarkan imbal hasil sangat tinggi. Jangan percaya juga dengan iklan seperti itu yang menggunakan selebriti untuk endorse,” kata juru bicara FCA.

Mengapa Meghan Markle?

Dalam iklan yang menggunakan Meghan Markle dan Pangeran Harry tertulis ‘Raih jutaan dari rumah, dengar nasihat Harry dan Meghan Markle’.

Iklan lain mengumumkan sebuah artikel headline yang berbunyi “Harry dan Meghan mengejutkan semua orang di studio bahwa mereka bisa menghasilkan penghasilan tambahan sampai 128 ribu euro”.

Nama Meghan dan Harry memang cukup menarik untuk dijadikan target scam dan menarik perhatian banyak orang karena mereka adalah orang yang cukup ternama, dari seorang anggota kerajaan kini menjadi rakyat biasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini