Rahim Robot Melahirkan Bayi Manusia? Kata Ahli Teknologi: Bisa

0
562
rahim robot

Gadgetdiva.id — Rahim Robot melahirkan bayi manusia, paradiva bisa membayangkan ga? Ini merupakan ide yang keluar dari para pemimpin teknologi di dunia, loh! Mereka sedang mencari cara agar wanita tidak perlu lama mengandung, cape melahirkan. Serahkan saja pada robot.

Yang dimaksud rahim robot untuk melahirkan manusia bukanlah robot biasa, melainkan sebuah rahim sintetis yang bisa diciptakan di masa depan. Caranya? Belum tahu. Tapi mereka sudah punya ide-nya dan sedang dalam tahap diskusi untuk mewujudkannya.

Baca juga: Nama Meghan Markle Dipakai Penipu Bitcoin

Paradiva bisa membayangkan, film Alien Resurrection ala Sigourney Weaver atau The Matrix yang diperankan Keanu Reeves. Di situ, ada semacam tabung yang dikaitkan dengan banyak kabel. Tabung itu berisi dengan embrio manusia yang kemudian bisa berkembang dan tumbuh menjadi manusia utuh dalam waktu cepat. Itulah guna rahim robot.

rahim robot
Sahil Lavingia, CEO dan Founder Gumroad.

Ide rahim robot ini muncul dari mulut seorang entrepreneur teknologi kaya raya, Sahil Lavingia. Dia juga dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Gumroad, sebuah platform pasar digital untuk menjual layanan digital atau self publishing seperti buku, kursus, dan lainnya.

Dia mencuitkan idenya di Twitter dan dibalas oleh orang terkaya di dunia, Elon Musk. Bahkan pendiri mata uang kripto Ethereum, Vitalik Buterin juga tertarik dengan ide Sahil.

“Kita harus berinvestasi di teknologi yang bisa membuat banyak anak manusia, dengan cepat, mudah, dan murah, serta gampang diakses. Misalnya rahim sintetis dan sebagainya,” kata Sahil dikutip dari sini.

Kemudian Butterin mempertegas jika rahim sintetis bisa menghindari beban kehamilan yang tinggi secara signifikan. Bahkan hal itu juga bisa mengurangi ketidaksetaraan gender yang selama ini terjadi antara pria dan wanita.

Pro kontra rahim robot

Pantas saja jika ide ini kemudian memunculkan kontroversi di seluruh dunia. Bagaimana tidak, kehamilan selama ini merupakan hal yang dianggap sebagai keajaiban yang luar biasa. Walaupun dengan segala macam keluhan yang dirasakan oleh wanita, tetap saja banyak wanita yang mengidam-idamkan.

Memang ide ini cocok untuk membantu wanita yang bermasalah dalam kehamilannya. Namun banyak orang yang tidak setuju dengan ide yang dianggap gila dan terlalu futuristik.

rahim robot
Artificial Wombs ala Matrix

“Jadi mau bikin bayi di laboratorium atau gimana? Kayak film Matrix?” kata netizen.

“Daripada bikin rahim sintetis, kenapa engga bikin tagihan lahiran di rumah sakit lebih murah? Cetak lebih banyak dokter kandungan, konsultan laktasi dan lainnya. Atau beri para wanita cuti hamil yang lebih panjang, cuti hamil untuk pria agar bisa menemani istrinya, beri akses yang mudah untuk para wanita hamil agar bisa mendapatkan makanan sehat dan segar, atau sediakan lebih banyak tempat duduk untuk wanita hamil beristirahat di jalan. Gimana?” tulis yang lain.

Setuju atau engga kita hamil pakai rahim robot, paradiva?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini