5 Startup Pemenang Tinc Batch 7 Telkomsel, Ada Fammi.ly untuk Digital Parenting

0
134
Startup Pemenang Tinc Batch
Photo by Per Lööv on Unsplash

Gadgetdiva.id — 5 startup pemenang Tinc Batch 7 Telkomsel akhirnya diumumkan setelah melalui berbagai tahapan seleksi ketat sejak Desember 2021. Para startup tersebut berkesempatan untuk maju ke tahapan seleksi terakhir sebelum berakselerasi bersama Tinc dan Telkomsel untuk menghadirkan solusi digital yang lebih berdampak, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Kelima startup yang lolos seleksi ini di antaranya Askara, Fammi.ly, Machine Vision, Tujju, dan Tumbasin. Mereka terbukti mampu mengembangkan inovasi digital sebagai solusi yang lebih berdampak dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun sektor lintas sektor industri.

Baca juga: Dong Dong, Influencer Virtual Olimpiade Musim Dingin 2022

Vice President Strategic & Explorative Partnership Telkomsel, Mahmud Saladin mengatakan jika Telkomsel Tinc menghadirkan wadah bagi startup lokal untuk dapat berkembang, serta mengoptimalkan berbagai potensi melalui peluang kolaborasi dan pemanfaatan teknologi dan ekosistem Telkomsel. Karena itu, Tinc sangat selektif dalam menetapkan para startup yang akan menjalin kolaborasi dengan Telkomsel guna memperkuat pemberdayaan inovasi karya anak bangsa yang terukur, terutama yang memiliki potensi untuk mengembangkan solusi digital yang dapat meningkatkan keunggulan produk dan layanan Telkomsel.

Startup Pemenang Tinc Batch
5 Startup Pemenang Tinc Batch Telkomsel

“Selamat bagi lima startup yang terpilih dan bergabung bersama ekosistem Telkomsel. Kami sangat antusias untuk menanti kolaborasi yang terjalin dalam mengembangkan berbagai solusi digital inovatif yang dihadirkan ke depan,” kata Mahmud, saat pengumuman startup pemenang Tinc batch 7, secara virtual di Jakarta, Jumat, 18 Februari 2022.

Askara merupakan startup di bidang pertanian atau agri-tech. Mereka berfokus pada pengembangan inklusif sektor hulu dengan menggunakan data dan teknologi untuk mengatasi ketidakseimbangan pasokan pertanian.

Startup pemenang tinc batch 7 Telkomsel

Machine Vision merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan software as as service (SaaS) dari PT Lanius Inovasi Indonesia. Perusahaan ini merupakan pengembang low code platform IIoT dan data untuk membantu industri bertransformasi digital dari segi operasional.

Fammi.ly adalah startup bidang kesehatan dan keluarga. Ini merupakan platform parenting yang menyediakan tanya jawab seputar masalah perilaku anak yang aman dan terpercaya.

Tujju merupakan startup media dan lifestyle. Ini adalah perusahaan pelokalan media berbasis teknologi.

Baca juga: Reaktivasi Nomor Telkomsel Hangus

Terakhir adalah Tumbasin, yang bergerak di bidang ecommerce. Tumbasin merupakan platform yang bertujuan untuk memberdayakan pasar tradisional Indonesia melalui teknologi.

Sejak dihadirkan pada 2018, Tinc adalah program akselerator Telkomsel untuk semua solusi digital dengan mengimplementasikan tiga nilai utama dalam mendukung kemajuan para inovator lokal di setiap batch yang digelar, di antaranya Connect yang membantu menghubungkan startup berpengaruh dengan ekosistem yang tepat untuk tumbuh, Accelerate yang bertujuan mempercepat pertumbuhan startup untuk memastikan kesiapan pasar, dan Grow yang berupaya mengembangkan startup dengan menjalin kolaborasi melalui pemanfaatan Ekosistem Digital Telkomsel untuk kepentingan komersialisasi dan scaling up.

Startup Pemenang Tinc Batch

Pada batch ke-7 ini, Tinc juga telah menggandeng Google Cloud, Meta, AWS, dan Xendit sebagai mitra strategis yang diharapkan dapat mendukung pengembangan startups yang mengikuti program Tinc.

Sebelumnya, di sepanjang Oktober-Desember 2021 terdapat 129 startup yang mendaftar untuk mengikuti program Tinc Batch 7. Untuk bisa sampai ke tahap final, ratusan startup tersebut harus melalui proses seleksi ketat yang mana 50 startup di antaranya berhasil lolos ke tahap video pitch screening, kemudian tersisa 21 startup yang lolos ke tahap interview & demo, 9 startup lolos ke tahap pitchday, hingga akhirnya terpilih 5 startup yang lolos untuk seleksi ke tahap onboarding yang berkesempatan menjalin kolaborasi dengan Telkomsel.

Adapun seluruh startup yang mendaftar Tinc batch 7 tersebut bergerak di bidang Education (12 startup), Agriculture (7 startup), Software as a service/SaaS (8 startup), Smart City & Environment (6 startup), Logistic & Transportation (7 startup), Healthcare (4 startup), Finance (3 startup), serta Media & Certification (3 startup).

startup pemenang tinc batch

Untuk dapat terpilih menjadi peserta Tinc, puluhan startup tersebut harus melalui tahap seleksi ketat yang meliputi video pitch screening, interview dan demo, serta pitching day. Setelah terpilih, kelima startup tersebut berkesempatan untuk menjalani proses pengembangan inovasi melalui berbagai program Tinc yang berlangsung selama 5 bulan. Program-program tersebut meliputi startup diagnostic, kolaborasi di ekosistem digital Telkomsel, investor network, mentorship, bootcamp & workshop, demo day, dan potensi untuk mendapatkan funding.

Mahmud menambahkan, puluhan startup yang telah dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama dipastikan sesuai dengan kriteria dan fokus pengembangan yang sudah ditentukan Tinc Batch 7 sebelumnya, yaitu bergerak di bidang Agritech, Healthcare, Education, Leisure Economy, Logistics & Supply Chain, dan Gaming dengan memanfaatkan teknologi jaringan 5G, Software as a service (SaaS)/Platform as a Service (PaaS), Artificial Intelligence (AI)/Machine Learning, maupun Internet of Things (IoT).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini