Duh! Layanan RBT Bakal Dihentikan Maret 2022

0
layanan RBT dihapus

Gadgetdiva.id — Layanan RBT akan dihentikan pada Maret 2022 nanti. RBT atau ring back tone atau yang biasa dikenal dengan nada dering pribadi sepertinya dianggap tidak lagi menarik dari sisi pengguna. Tidak heran jika XL Axiata memutuskan untuk tidak lagi menggelar layanan tersebut.

Hal ini terungkap dari pengumuman resmi yang terpampang di situs resmi perusahaan XL Axiata. Layanan RBT akan dihapus secara bertahap mulai awal Maret 2022 nanti. Bahkan penghentian layanan itu ditargetkan akan rampung pada 31 Maret 2022.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan jika layanan tersebut tidak akan lagi menghiasi smartphone para pelanggan XL. Mereka berdalih jika pengguna layanan RBT kini tak se-antusias dulu.

layanan rbt dihentikan

“Layanan RBT yang digelar XL Axiata akan dihentikan dalam waktu dekat karena penggunanya semakin lama semakin berkurang. Banyak yang beralih ke layanan digital,” ujar perempuan yang kerap dipanggil Ayu ini.

Saking penggunanya berkurang, otomatis kontribusi pendapatannya pun menurun drastis dan tidak signifikan dalam total pendapatan perusahaan. Spotify, YouTube sampai WhatsApp menjadi alasan para pengguna tak lagi berminat pada RBT. Bahkan platform tersebut memberikan biaya berlangganan yang jauh lebih murah daripada RBT.

Baca juga: SheHacks Indosat Klaim Berdayakan 1500 Perempuan 

Berdasarkan laporan keuangan EXCL per kuartal ketiga 2021, emiten penyedia jasa telekomunikasi ini membukukan pendapatan senilai Rp 19,80 triliun, naik 0,73% dari pendapatan pada kuartal ketiga 2020 sebesar Rp 19,65 triliun.

Pendapatan EXCL meningkat karena total jumlah pelanggan EXCL bertambah 1,2 juta orang selama periode triwulan ketiga 2021. Sementara average revenue per user (ARPU) blended di Rp 37.000.

layanan RBT

Tercatat pendapatan data terhadap pendapatan layanan (service revenue) meningkat menjadi sebesar 95%, dengan penetrasi smartphone mencapai 92% dari total pelanggan pada 2021.

Saat ini jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau 458 kota/kabupaten yang ditopang oleh 69.000 BTS 4G. Total BTS (2G/3G/4G) yang dimiliki XL Axiata saat sebanyak 153.000.

Layanan RBT dan Black October

RBT sempat popular di Indonesia karena bisa menghadirkan hiburan musik kepada orang yang melakukan panggilan melalui ponsel. RBT merupakan musik pengganti nada panggil saat pengguna menelepon. Musik akan terus berdering sampai panggilan diterima oleh orang yang ditelepon. RBT juga sempat menjadi tumpuan hidup para musisi karena mampu menaikkan pundi-pundi dari persetujuan pengguna berlangganan musik RBT.

Namun sayang, saat Black October muncul di Oktober 2011, RBT menjadi salah satu unit bisnis yang terdampak. 10 tahun yang lalu, pemerintah memutuskan untuk menghentikan semua layanan premium atau konten berbayar yang melibatkan aksi sedot pulsa pelanggan. Hal ini dikarenakan desakan para pengguna yang merasa dirugikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini