Startup Metaverse Pertama Milik Perempuan Asia Disuntik Rp54,6 Miliar

0
4783
startup metaverse
co-Founder dan CEO BuzzAR, Bell Beh (foto: Straittimes)

Gadgetdiva.id — Startup metaverse pertama di dunia yang dipimpin oleh perempuan Asia, BuzzAR, berhasil mendapatkan suntikan dana sebesar USD3,8 juta atau setara Rp54,6 miliar. Mereka ingin membuat platform yang memungkinkan semua orang bisa membuat NFT dengan mudah.

BuzzAR didirikan oleh seorang perempuan asal Singapura, Bell Beh, yang kini bertindak sebagai co-founder dan juga CEO BuzzAR. Pendanaan sebesar itu kabarnya akan membantu BuzzAR untuk membangun metaverse yang inklusif, termasuk di dalamnya game yang ramah untuk keluarga, virtual reality dan proyek GameFi.

Baca juga: Gara-gara Cuitan Tanpa Sendok, Perempuan Ini Dapat Email Ancaman

Dilansir dari keterangan resminya, Selasa, 22 Februari 2022, suntikan dana itu berasal dari beberapa perusahaan yang berpartisipasi seperti F50 Elevate asal Texas Amerika, beberapa venture capital regional, serta angle investor lainnya. Yang menarik, di antara beberapa angle investor yang ada, termasuk di antaranya mantan petinggi Google yang tidak disebutkan namanya. Ada juga petinggi Marina Bay Sands Ian Wilson, ahli IP dan keamanan brand Peter Hlavnicka, dan lainnya.

Startup metaverse yang menguntungkan

“Menurut Bloomberg, bisnis ini akan bernilai USD800 miliar pada 2024 nanti. Dengan mendominasi Asia Tenggara sejak 2013, kami memang telah menarik perhatian banyak ventura kapital kelas atas,” ujar Bell Beh.

startup metaverse
BuzzAR’s Ken Lim and Bell Beh, childhood friends turned co-founders (dok: prnewswire)

Dia menjelaskan jika BuzzAR siap menjadi startup Metaverse pertama di Asia Tenggara. Mereka mengklaim telah sepenuhnya meningkatkan 7 enabler Metaverse, yaitu game online (2013), VR (2015), Augmented Reality (AR) (2018), Digital Twin (2019), smapai Avatar mesin (2021).

“Pada tahun 2022, BuzzAR meluncurkan 2 enabler terakhir, yaitu Non-Fungible Tokens (NFTs), Social Networking (2022). Perusahaan meluncurkan 3 aliran pendapatan baru, termasuk platform NFT avatar, di mana pengguna dapat membuat avatar mereka sendiri. Bahkan mereka bisa membuat NFT sendiri menggunakan CryptoToon API. CryptoToon menggunakan mesin avatar HappyToon BuzzAR, di mana 2 juta avatar telah dibuat oleh pengguna dari 163 negara,” jelas Bell.

Dalam membuat BuzzAR, Bell dibantu oleh teman masa kecilnya, Ken Lim yang sekarang menjabat sebagai CTO. Sampai saat ini, Ken Lim sudah membuat 20 games dan memiliki 20 juta gamers, tanpa bantuan pendanaan sama sekali. Ken Lim sekarang bergabung dengan memasukkan aset miliknya sendiri, Play Spirit Games yang memiliki game nomor 1 di Meta Oculus Rift, yakni The Cooking Game VR.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini