Laporan Google Search 2021, 6 Hal Ini Paling Banyak Dicari Netizen RI

0
93
laporan google search 2021

Gadgetdiva.id — Dalam laporan Google Search 2021, sudah tidak dipungkiri lagi jika mesin pencarian tersebut sudah menjadi bagian sehari-hari dari netizen dunia, apalagi Indonesia. Bahkan Google sendiri menyadari jika orang Indonesia membuka Google Search tidak hanya untuk mencari ide dan inspirasi.

Laporan Google Search 2021 yang bertajuk Year in Search 2021: Look back to move your business forward, mengatakan jika pergeseran perilaku konsumen menunjukkan bagaimana masyarakat Indonesia ingin Brand lebih memahami perubahan kebutuhan mereka dan bahwa generasi baru makin menganggap penting kelestarian lingkungan. Hal ini diungkap Head of Ads Marketing Google Indonesia, Yolanda Sastra dalam blog resmi perusahaan. Yolanda juga menyebut jika orang Indonesia juga mengunjungi Google Search untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi.

Baca juga: Kominfo Ancam Blokir Akun Selebgram yang Promosi Produk Investasi Ilegal

“2021 adalah tahun untuk beradaptasi dengan perubahan yang terus terjadi dan untuk mengevaluasi kembali apa yang penting bagi kita sebagai individu dan sebagai penghuni Bumi,” jelas Yolanda dalam postingan laporan Google Search 2021.

laporan google search 2021

Disusun berdasarkan data Google Trends (Agustus 2020-Agustus 2021), eConomy 2021, dan Google Destination Insights (November 2020-Oktober 2021), laporan ini menunjukkan beberapa tren besar, di antaranya:

  • Orang Indonesia mengandalkan platform online untuk mencari dan membeli saat ingin berbelanja, bahkan saat tempat-tempat offline mulai buka kembali. Penelusuran “seller center” (pusat penjual) meningkat 69% dan “belanja cepat” 46%.
  • Orang Indonesia mencoba memaksimalkan pendapatan dengan berbagai cara baru sambil berusaha menghemat uang. Ini ditunjukkan dengan peningkatan penelusuran “saham pemula” yang sebesar 128%, serta kenaikan minat penelusuran untuk “kemasan ekonomis” yang sebesar 56%.
  • Orang Indonesia ingin tahu apakah mereka berhubungan dengan brand yang menganggap penting praktik yang etis dan berkelanjutan. Penelusuran “cruelty-free” (bebas uji coba hewan) naik 65%, “carbon footprint” (jejak karbon) meningkat 114%, sedangkan “ramah lingkungan” meningkat 114%.
  • Keamanan online juga menjadi kekhawatiran yang bertambah besar, dengan kenaikan penelusuran “kebocoran data” sebesar 33% dan “berita bohong” sebesar 52%.
laporan google search 2021
Hal yang paling banyak dicari di Google Search sepanjang 2021

Selain itu, laporan juga menunjukkan bagaimana sejumlah sektor utama mengalami perubahan dalam periode satu tahun yang sama dari Agustus 2020-Agustus 2021:

  1. Perawatan Kecantikan dan Diri — Orang Indonesia ingin tahu tentang jenis produk baru, dengan minat penelusuran naik 133% untuk “ceramides” dan lebih dari 30 kali lipat untuk “bakuchiol”. Perawatan pria juga mengalami peningkatan penelusuran untuk “serum pria” sebesar 57% dan “facial wash men” (sabun muka pria) sebesar 62%.
  2. Laporan Google Search 2021 menemukan yang paling banyak dicari adalah bidang Keuangan — Makin banyak orang Indonesia berusaha menambah pengetahuan keuangan mereka untuk menyiapkan masa depan, dengan kenaikan penelusuran “belajar investasi” sebesar 83% dan “aplikasi investasi” sebesar 70%.
  3. Makanan dan Minuman — Orang Indonesia mencari opsi makanan yang lebih sehat, dengan penelusuran makanan “plant-based” yang naik 233% dan “susu rendah lemak” yang naik 69%.
  4. Media dan Hiburan — Game kian digemari, dengan peningkatan penelusuran “mabar online” sebesar 70%, “walkthrough video game” sebesar 30%, dan topik terkait kompetisi e-sport sebesar 200%.
  5. Teknologi — Ulasan online bertambah populer, dengan peningkatan penelusuran “rekomendasi hp” sebesar 38% dan “rekomendasi elektronik” sebesar 78%.
  6. Transportasi dan Perjalanan — Konsumen di Indonesia menjadi lebih sadar akan pentingnya mengurangi emisi, dengan peningkatan penelusuran “electric car” (mobil listrik) sebesar 54%, “emisi mobil” sebesar 85%, dan “kendaraan ramah lingkungan” sebesar 230%.

Berdasarkan laporan Google Search 2021 itu, kalau kamu cari apa?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini