IGTV Resmi Dihapus, Kalah Saing dengan Reels

0
190
Media Sosial
Unsplash/Solen Feyissa

Gadgetdiva.id — IGTV resmi dihapus oleh Instagram. Empat tahun setelah pertama kali diluncurkan, Instagram merasa sudah waktunya untuk IGTV hilang sebagai aplikasi mandiri. Platform berbagi foto ini telah menggabungkan konten video dalam satu fitur.

Sebenarnya rencana IGTV resmi dihapus Instagram telah ada sejak sejak lama. Aplikasi IGTV itu diklaim popularitasnya turun. Kini banyak orang lebih suka menggunakan Instagram Reels. Bahkan sebelumnya Instagram telah berhenti menyematkan IGTV ke dalam aplikasinya di tahun lalu. Semua aplikasi video telah dimasukkan ke dalam Instagram Videos.

IGTV resmi dihapus

Banyak yang telah berubah dalam empat tahun sejak Instagram pertama kali memperkenalkan IGTV pada 2018. Awalnya dikonseptualisasikan sebagai platform untuk melawan dominasi YouTube di ruang video berdurasi panjang, dengan aplikasi yang hanya berkonsentrasi pada video vertikal.

Baca juga: Instagram Hapus Batasan 15 Menit

Sebelum IGTV, Instagram hanya mengizinkan pengunggahan klip video pendek ke platform dengan durasi maksimal satu menit. IGTV memperpanjang batas itu menjadi satu jam. Sederhananya, Instagram ingin IGTV menjadi YouTube video vertikal.

IGTV resmi dihapus

Matinya IGTV juga banyak berkaitan dengan meningkatnya popularitas format video pendek yang dipelopori oleh TikTok. Instagram pun menantang dengan membuat pesaing TikTok, yakni Instagram Reels, yang sudah jauh lebih baik daripada IGTV.

Faktanya, di India, berkat larangan TikTok, Reels Instagram saja telah secara efektif menggantikan TIkTok dan sekarang memiliki basis pengguna lebih dari 200 juta.

Instagram sendiri saat ini telah memperkuat upayanya dengan menghadirkan banyak fitur yang bisa digunakan untuk video tahun ini. Postingan di blog resmi Instagram menyebut jika akan ada beberapa perubahan yang akan memaksimalkan konten video. Salah satunya adalah memberikan bonus dan insentif untuk para kreator. Ada juga penyematan iklan display di Reel.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini