Fitur baru Clubhouse In-Room Chat, Bisa Ngobrol dengan Siapa Saja

0
40
fitur baru clubhouse

Gadgetdiva.id — Fitur baru Clubhouse mulai dijajakan ke pengguna, yakni In-Room Chat. Fitur ini dibuat untuk membuat diskusi di ruangan menjadi lebih interaktif antara pembicara dan audiens.

Tidak dipungkiri jika sekarang semakin banyak orang yang berdiskusi di Clubhouse, dari mulai diskusi tentang film, musik, politik, hingga ruang komedi yang sangat menghibur. Makanya secara resmi diperkenalkan fitur baru Clubhouse, In-Room Chat, salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh Clubhousers. Fitur ini dapat digunakan oleh seluruh pengguna iOS dan Android.

Fitur baru Clubhouse In-Room Chat 

Fitur terbaru ini memungkinkan Clubhousers, dari moderator hingga pendengar, untuk berkomunikasi satu sama lain melalui teks/chat selama ruangan berlangsung. Clubhouse memahami bahwa Anda ingin merespon hal yang lucu di suatu ruangan, tapi tidak bisa melakukannya karena Anda bukan pembicara? Nah, dengan adanya fitur terbaru ini, sekarang Anda bisa berpartisipasi dalam suatu obrolan tanpa memiliki tekanan karena harus naik ke panggung terlebih dahulu, dan dengan bebas berkomentar atau memberikan respon berupa emoji.

fitur baru clubhouse

Untuk para kreator, fitur baru Clubhouse In-Room Chat ini memberikan cara komunikasi baru dengan audiens yang sedang bergabung dalam ruangan mereka dan disaat yang sama mereka juga bisa mendapatkan respon secara langsung. Dengan adanya fitur ini, Clubhouse berharap para Clubhousers dapat dengan mudah melakukan polling dan menerima pertanyaan dari audiens sehingga sesi diskusinya menjadi lebih interaktif.

Penasaran bagaimana cara kerjanya? Yuk intip di sini:

  • Kreator yang memegang kendali. Kreator/Pembuat ruangan akan selalu memiliki kontrol penuh terhadap fitur chatting saat ruangan berlangsung, dan juga dapat memutuskan apakah fitur ini diaktifkan atau tidak saat mereka memulai ruangan melalui room composer. Kreator juga dapat menghapus pesan apapun selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan tersebut berakhir dan dapat mematikan fitur chatting dalam ruangan kapan saja selama ruangan berlangsung.
  • Teks bisa dihapus jika ada kesalahan penulisan. Jika Anda mengirimkan sebuah pesan dan ingin menghapusnya, Anda dapat menghapus pesan tersebut sendiri selama ruangan berlangsung atau setelah ruangan berakhir.
  • Moderator juga bisa mengubah pengaturan. Anda dapat menunjuk moderator untuk membantu agar ruangan yang berlangsung tetap kondusif. Para moderator tersebut juga dapat menghapus pesan yang mengganggu.
  • Anda dapat melaporkan obrolan yang melanggar panduan Clubhouse. Jika seseorang melanggar panduan Clubhouse pada saat menggunakan fitur In-room Chat ini, maka Anda dapat melaporkannya langsung, dengan cara tekan lama pada nama mereka dan klik report atau laporkan. Lalu, Anda juga dapat menekan lama untuk memblokirnya.
  • Ikuti obrolan setelah ruangan selesai. Fitur ini juga akan muncul ketika seseorang mendengarkan Replays ruangan tersebut (meskipun mereka tidak akan dapat menambahkan komentar apapun)

fitur baru clubhouse

Jika fitur chatting ini diaktifkan, semua orang akan melihat ikon fitur ini di kiri bawah layar mereka (di sebelah ikon Share dan Clips). Lalu, Voila! Anda bisa memulai obrolan dan Anda juga dapat menekan ikon ini atau menggeser ke kanan untuk mengakses obrolan dan mengomentari apa yang terjadi di ruangan tersebut (Anda dapat menggunakan teks atau emoji dalam fitur ini). Tak hanya itu, Anda juga akan melihat jumlah pesan di sebelah ikon obrolan dan titik merah akan muncul ketika ada komentar baru yang belum Anda baca.

Saat ini, Clubhouse telah tersedia dalam pengaturan Bahasa Indonesia, dan dapat dinikmati oleh semua orang. Artinya, aplikasi ini telah menghapus sistem daftar tunggu sehingga siapa pun dapat bergabung, termasuk pengguna Android. Selain itu, aplikasi ini juga telah berkembang pesat, dengan lebih dari 2,6 juta unduhan di bulan Desember 2021 lalu, yang dimana angka ini naik dari 1,8 juta di bulan November 2021. Ditambah lagi, jumlah Klub yang aktif di Clubhouse telah meningkat menjadi 365 ribu klub pada akhir tahun 2021.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini