Reisa Broto Asmoro Jadi Dewan Penasehat Medis Alodokter

0
122
dewan penasehat medis alodokter
Reisa Broto Asmoro (Foto: Kompas)

Gadgetdiva.id — Dewan Penasehat Medis Alodokter dibentuk. Reisa Broto Asmoro didapuk menjadi salah satu anggotanya. Dokter yang juga influencer, model dan pembawa acara itu bergabung bersama 13 pakar kesehatan lainnya yang masuk dalam jajaran tersebut.

Pihak Alodokter menyebutkan jika Dewan Penasihat Medis yang dipilih oleh Alodokter merupakan jajaran pakar kesehatan yang kredibel dan disegani di mata publik. Makanya salah satu pengisi kursi dewan adalah Reisa Broto Asmoro, yang sekarang juga menjabat sebagai juru bicara Satgas Covid-19.

Sudah menjadi komitmen Alodokter untuk terus mengembangkan layanan kesehatan unggulan yang terbaik di kelasnya pada platform kesehatan digital Alodokter. Alodokter menyadari bahwa pengembangan layanan kesehatan bukan semata tentang inovasi teknologi yang dihadirkan, akan tetapi harus memiliki manajemen, dukungan finansial, dan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas.

dewan penasehat medis alodokter
Reisa Broto Asmoro (foto: Jawapos)

Namun legitimasi layanan unggulan seharusnya tidak disahihkan secara internal tetapi divalidasi oleh pakar industri di luar institusi yang bersifat netral. Untuk itu Alodokter resmi hadirkan jajaran pakar kesehatan Indonesia menjadi Clinical Governance Board (Dewan Penasihat Medis) Alodokter.

Fungsi dari Dewan Penasihat Medis Alodokter cukup vital dalam memastikan Alodokter memberikan pelayanan yang terpercaya dan memenuhi standar medis, beberapa di antaranya adalah standar penyampaian informasi kesehatan kepada publik yang berbasis bukti dari organisasi profesi serta literatur, standar pelayanan medis, standar prosedur operasional, dan keamanan pasien di platform Alodokter. Adapun kegiatan Dewan Penasihat Medis termasuk melakukan pertemuan reguler setiap kuartal guna mengevaluasi dan membahas kinerja program serta fitur-fitur yang diluncurkan oleh Alodokter baik dari sisi medis dan pandangan kedokteran.

“Saya mengapresiasi langkah strategis Alodokter untuk membentuk Dewan Penasihat Medis. Ini bukan langkah yang sederhana, mengingat begitu banyak masukan dan pengembangan yang bisa disampaikan oleh Dewan, dan Alodokter harus mengambil keputusan atas masukan tersebut. Namun saya percaya langkah ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat terutama bagi standarisasi pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pemerintah dan organisasi kedokteran. Kolaborasi ini diharapkan akan dapat membangun kepercayaan masyarakat terhadap layanan telemedisin seperti Alodokter,” ujar dr. Ferry Rahman, M.KM. – Perwakilan Organisasi Profesi IDI, dan salah satu dari Dewan Penasihat Medis Alodokter.

“Layanan kesehatan unggulan adalah layanan yang memprioritaskan kepentingan pasien di atas kepentingan bisnis. Dewan Penasihat Medis berfungsi untuk melihat potensi dan peluang yang ada dalam meningkatkan layanan kesehatan yang berpihak pada masyarakat luas. Saya sangat berharap bahwa kehadiran dan masukan Dewan Penasihat Medis dapat membawa Alodokter berkontribusi lebih luas dalam mengembangkan organisasi dan pelayanan untuk tetap mengutamakan mutu dan keselamatan pasien. Sejauh ini saya mengapresiasi usaha yang dilakukan oleh Alodokter untuk memastikan hal tersebut terwujud,” ujar Brigjen TNI Pur dr Alexander K Ginting S SpP(K) FCCP, Spesialis Paru Konsultan, Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Satgas Covid 19 Nasional dan anggota TDK RI, salah satu dari Dewan Penasihat Medis Alodokter.

“Kultur medis sudah menjadi inti dari kultur layanan kesehatan di platform Alodokter, misi kami sangat teguh untuk menolong setiap pasien mendapatkan layanan dan informasi medis terbaik. Namun kami sadari legitimasi tidak bisa dilakukan dari organisasi untuk organisasi, Alodokter harus siap menerima kritik dan masukan dari para pakar yang netral agar bisa maju terus ke depan demi kebaikan masyarakat. Kami sangat bersyukur atas jajaran pakar yang bersedia menjadi Dewan Penasihat Medis Alodokter. Tidak bisa dipungkiri inisiatif ini adalah hasil hubungan baik Alodokter dengan IDI dan Kementerian Kesehatan RI yang telah dibina secara mutual sejak awal Alodokter berdiri. Langkah strategis ini kami harapkan bisa mendorong Alodokter untuk terus menjadi yang terbaik di bidangnya,” ujar Suci Arumsari selaku President Director & Co Founder ALODOKTER.

Dewan Penasehat Medis Alodokter

Selain Dewan Pengawas Medis Alodokter, dokter internal di Alodokter memastikan informasi kesehatan yang berkualitas dan up to date dengan komunikasi yang efektif. Tim dokter Alodokter mempromosikan budaya pendidikan kedokteran berkelanjutan untuk memberikan, melindungi dan mengawasi pelayanan kesehatan di Alodokter.

dewan penasehat medis alodokter
Dewan Penasehat Medis Alodokter 2022

Jajaran Dewan Penasehat Medis Alodokter secara lengkap adalah:

Dr. Louise Hewitt BAppSc MBBS(Hons) FACEM- Alodokter
dr. Marianti – Alodokter
dr. Andi Marsali – Alodokter
dr. Ririn Sagala – Alodokter
Dr. Alexandra Matveyeva – Alodokter
dr. Andreas Kurniawan, Sp.KJ
dr. M. Adya F. Dilmy, Sp.OG
dr. Reisa Broto Asmoro – Health Influencer, Juru bicara Satgas Covid-19
dr. Alni Magdalena – Alodokter
dr. Randy Zainubun Rantung, Sp.EM
dr. Fita Moeslichan Sp.A
dr. Ferry Rahman, M.KM. – Perwakilan Organisasi Profesi IDI
dr. Antono Sutandar, Sp.JP – Spesialis Jantung dan Manajemen RS Rekanan (Siloam Hospital)
Brigjen TNI Pur dr Alexander K Ginting S SpP(K) FCCP, Spesialis Paru Konsultan, Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Satgas Covid 19 Nasional dan anggota TDK RI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini