Penjualan Smartphone 5G Lampaui 4G, Berkat Apple dan Samsung

0
99
penjualan smartphone 5G
5G di OPPO Reno7 Z 5G

Gadgetdiva.id — Penjualan smartphone 5G ternyata telah melampaui jumlah unit 4G di dunia. Ini artinya, smartphone dengan modem 5G semakin memiliki pasar yang luas dan smartphone dengan modem 4G mulai jenuh.

Menurut riset Counterpoint Research, metrik penjualan mencapai titik puncaknya pada Januari lalu. Yang menarik, Apple telah memimpin pasar smartphone yang mengadopsi 5G, sedangkan Samsung berada di urutan kedua.

Dilansir melalui Neowin.net, Jumat, 18 Maret 2022, report Januari 2022 merupakan waktu yang mengindikasikan jika pengguna smartphone sangat antusias untuk mengadopsi 5G. Ini merupakan bulan pertama dalam sejarah, sejak 5G diperkenalkan. Tidak heran jika Counterpoint menemukan jumlah penjualan smartphone 5G melampaui 4G.

penjualan smartphone 5G

Laporan dari firma riset tersebut menemukan jika 51 persen dari total unit smartphone yang terjual secara global pada Januari 2022 diindikasi memiliki modem 5G di dalamnya. Perubahan kebutuhan akan perangkat 5G dikenali terjadi di China, kemudian diikuti oleh pasar di Eropa Barat, lalu Amerika Utara.

Wilayah Penjualan Smartphone 5G

China sendiri saat ini merupakan negara yang mendominasi adopsi 5G di dunia. Penetrasi 5G di negara tersebut telah mencapai angka 84 persen. Diketahui ada sekitar 1,4 juta BTS yang memancarkan gelombang 5G ke smartphone pengguna. Sedangkan di Eropa Barat, ada 76 persen penetrasi 5G dan di Amerika Utara penetrasinya mencapai 73 persen.

Apple menunjukkan bahwa perangkat iPhone berbasis 5G yang mereka gelontorkan, lebih dari 50 persen terjual di Amerika Utara. Namun begitu, di seluruh dunia, smartphone yang paling dominan adalah yang berbasis Android OS buatan Google, bukan Apple. Di Android, smartphone 5G di segmen mid-range memiliki penjualan yang cukup baik.

Baca juga: Rekomendasi Smartphone 5G Glowing dari Realme

Smartphone Android berbasis 5G yang paling laris adalah di kisaran USD250 sampai USD400. Sedangkan di Amerika Latin dan Asia, smartphone Android 5G dengan harga USD150 sampai USD200 diklaim paling laris. Yang menarik, semua smartphone 5G dengan harga terjangkau berkontribusi sebesar 20 persen dari total penjualan.

Mengingat jumlah handset yang mengalami kenaikan, diperkirakan jumlah pelanggan 5G juga akan meningkat sampai 4,4 miliar dalam lima tahun ke depan. Laporan yang beredar pada 2021 menunjukkan jika jumlah smartphone 5G akan mencapai 5,5 miliar di seluruh dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini