Samsung Buang Huruf Z di Galaxy Fold dan Flip

0
samsung buang huruf z

Gadgetdiva.id — Samsung buang huruf Z di smartphone lipat yang mereka jual di beberapa negara tertentu di Eropa. Z yang dimaksud adalah satu huruf yang menjadi identitas Galaxy Fold dan Flip.

Dilansir melalui Phone Arena, Rabu, 30 Maret 2022, Samsung saat ini menjual Galaxy Z Fold dan Flip tanpa menggunakan embel-embel Z di tengah brand. Smartphone lipat itu kini hanya bertuliskan Galaxy Fold 3 dan Galaxy Flip 3. Berlaku untuk penjualan ponsel lipat di negara-negara Baltik.

Huruf Z ternyata saat ini dianggap sebagai hal yang sensitif menyusul perang antara Rusia dan Ukraina. Pasalnya, saat awal invasi Rusia ke Ukraina, muncul tank Rusia yang ditandai dengan sebuah huruf Z besar di kendaraan perang itu. Secara otomatis, huruf Z menjadi simbol sentimen pro-Rusia dan penggunaannya dilarang untuk pertunjukan politik. Salah satunya di Jerman.

samsung buang huruf z
Samsung Buang Huruf Z

Nah, hal ini ternyata cukup memicu kecemasan di beberapa negara kecil yang berbatasan langsung dengan Rusia, atau disebut negara-negara Baltik. Negara tersebut adalah Lithuania, Latvia dan Estonia. Mereka cukup sensitif dengan kemunculan huruf Z besar dimana saja, termasuk di dalam kemasan Samsung Galaxy Z Fold dan Flip.

samsung buang huruf Z

Dalam sebuah cuitan twitter terungkap jika hal ini benar terjadi di negara-negara Baltik. Cuitan tersebut juga memperlihatkan sebuah banner promo yang menyebut ponsel lipat Fold dan Flip tak lagi menggunakan huruf Z di bagian tenngahnya.

Samsung buang huruf Z di Galaxy Fold dan Flip

“Di Lithuania, Latvia dan Estonia, Samsung menghapus huruf Z dalam merek ponsel lipat mereka,” tulis akun @TheGalox.

Siapa sangka, netizen malah menyambut baik langkah Samsung tersebut. Mereka mengatakan jika pengucapan merek Samsung lipat itu terasa lebih mudah diucapkan tanpa embel-embel Z di tengahnya.

Netizen pun memberikan dukungan kepada Samsung untuk menghilangkan huruf Z secara permanen di varian Fold dan Flip.

Huruf Z sejatinya memang tertulis jelas di setiap kendaraan militer milik Rusia. Tapi, tak hanya Z, kadang ada juga dibubuhi tulisan V atau O.

Ada yang menyebut Z dalam kendaraan militer itu sebagai nama akhir dari Presiden Ukraina, yakni Zelensky. Namun dalam bahasa Rusia, Z bisa menjadi Zara (barat), Zadacha (tugas) atau Zavershenie (Penyelesaian) dan Zvevda (bintang).

Akun Instagram Kementerian Pertahanan Federasi Rusia juga menafsirkan tanda-tanda ini dengan cara mereka sendiri. Menurut mereka, Z berarti “Untuk kemenangan.” V memiliki dua slogan yakni “Kekuatan adalah kebenaran” dan “Tugas akan selesai”.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini