Samsung Buang Huruf Z di Galaxy Fold dan Flip

0
100
samsung buang huruf z

Gadgetdiva.id — Samsung buang huruf Z di smartphone lipat yang mereka jual di beberapa negara tertentu di Eropa. Z yang dimaksud adalah satu huruf yang menjadi identitas Galaxy Fold dan Flip.

Dilansir melalui Phone Arena, Rabu, 30 Maret 2022, Samsung saat ini menjual Galaxy Z Fold dan Flip tanpa menggunakan embel-embel Z di tengah brand. Smartphone lipat itu kini hanya bertuliskan Galaxy Fold 3 dan Galaxy Flip 3. Berlaku untuk penjualan ponsel lipat di negara-negara Baltik.

Huruf Z ternyata saat ini dianggap sebagai hal yang sensitif menyusul perang antara Rusia dan Ukraina. Pasalnya, saat awal invasi Rusia ke Ukraina, muncul tank Rusia yang ditandai dengan sebuah huruf Z besar di kendaraan perang itu. Secara otomatis, huruf Z menjadi simbol sentimen pro-Rusia dan penggunaannya dilarang untuk pertunjukan politik. Salah satunya di Jerman.

samsung buang huruf z
Samsung Buang Huruf Z

Nah, hal ini ternyata cukup memicu kecemasan di beberapa negara kecil yang berbatasan langsung dengan Rusia, atau disebut negara-negara Baltik. Negara tersebut adalah Lithuania, Latvia dan Estonia. Mereka cukup sensitif dengan kemunculan huruf Z besar dimana saja, termasuk di dalam kemasan Samsung Galaxy Z Fold dan Flip.

samsung buang huruf Z

Dalam sebuah cuitan twitter terungkap jika hal ini benar terjadi di negara-negara Baltik. Cuitan tersebut juga memperlihatkan sebuah banner promo yang menyebut ponsel lipat Fold dan Flip tak lagi menggunakan huruf Z di bagian tenngahnya.

Samsung buang huruf Z di Galaxy Fold dan Flip

“Di Lithuania, Latvia dan Estonia, Samsung menghapus huruf Z dalam merek ponsel lipat mereka,” tulis akun @TheGalox.

Siapa sangka, netizen malah menyambut baik langkah Samsung tersebut. Mereka mengatakan jika pengucapan merek Samsung lipat itu terasa lebih mudah diucapkan tanpa embel-embel Z di tengahnya.

Netizen pun memberikan dukungan kepada Samsung untuk menghilangkan huruf Z secara permanen di varian Fold dan Flip.

Huruf Z sejatinya memang tertulis jelas di setiap kendaraan militer milik Rusia. Tapi, tak hanya Z, kadang ada juga dibubuhi tulisan V atau O.

Ada yang menyebut Z dalam kendaraan militer itu sebagai nama akhir dari Presiden Ukraina, yakni Zelensky. Namun dalam bahasa Rusia, Z bisa menjadi Zara (barat), Zadacha (tugas) atau Zavershenie (Penyelesaian) dan Zvevda (bintang).

Akun Instagram Kementerian Pertahanan Federasi Rusia juga menafsirkan tanda-tanda ini dengan cara mereka sendiri. Menurut mereka, Z berarti “Untuk kemenangan.” V memiliki dua slogan yakni “Kekuatan adalah kebenaran” dan “Tugas akan selesai”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini