Lagu Viral TikTok Dapat Grammy Award, Gara-gara Bridgerton
- by Siti Sarifah Aliah
- Selasa, 5 April 2022 - 06:21 WIB
Gadgetdiva.id — Lagu viral TikTok yang berawal dari tren di Netflix berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi musik dunia, Grammy Awards. Lagu tersebut terinspirasi dari drama serial di Netflix, Bridgerton. Meski bukan lagu resmi namun Grammy mengapresiasi.
Dilansir melalui The Verge, Selasa, 5 April 2022, The Unofficial Bridgerton Musical yang merupakan karya cipta dua musisi Emily Bear dan Abigail Barlow, berhasil membawa pulang Grammy Awards untuk kategori Best Musical Theatre Album. Ini merupakan kali pertama sebuah penghargaan musik diberikan untuk lagi yang berasal dari media sosial.
Bear dan Barlow mengaku menciptakan musik itu terinspirasi dari serial ternama yang tayang di Netflix, Bridgerton. Musiknya diciptakan pada 2021 dan sejak itu langsung mencuri perhatian di TikTok, dan banyak digunakan ulang oleh TikTokers.
Lagu itu ditulis berdasarkan sudut pandang dari karakter di drama tersebut. Bear dan Barlow kemudian menggunakan TikTok untuk meminta saran kepada pengguna TikTok. Mereka pun berinteraksi dengan penggemar di platform tersebut, serta berbagi proses penulisan lagu sampai selesai.
Duo ini merilis lagu setelah selesai dan akhirnya merekam dan merilis album berisi 15 lagu pada bulan September.
Lagu Viral TikTok Barlow and Bear
“Setahun yang lalu, kami bertanya di internet, bagaimana jika Bridgerton dibuat menjadi drama musikal? Saya tidak pernah membayangkan bahwa hal itu bisa membawa kami ke panggung Grammy sekarang dan membawa satu di tangan kami. Kami ingin berterima kasih kepada semua orang di internet yang menemani kami menciptakan lagu ini. Kami berbagi penghargaan ini dengan kalian,” ujar Barlow.
Prestasi Bear dan Barlow ini hanyalah contoh lain dari sukses sebuah karya di media sosial atau dunia maya, yang bisa mendapatkan apresiasi di dunia nyata, bahkan tanpa kehadiran bantuan media mainstream (label rekaman).
TikTok melaporkan, di platformnya ada sekitar 430 lagu yang mendapatkan total pengunjung sampai 1 miliar tahun lalu. Angka ini diklaim naik cukup signifikan atau tiga kali lipat dibanding raihan 2020. Dari 430 lagu, ada sekitar 175 lagu yang sempat viral dan menduduki Billboard Hot 100.
Siti Sarifah Aliah
ReporterJurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update
Artikel Terkait
Elon Musk Beli Saham Twitter, Ingin Pertahankan Kebebasan Berpendapat
Gadgetdiva.id — Elon Musk beli saham Twitter sebesar 9,2 persen. Hal ini terungkap dari sur..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250
Aplikasi Android Ini Tertangkap Ambil Password Pengguna Facebook
Gadgetdiva.id — Aplikasi Craftsart Cartoon Photo Tools tertangkap membawa versi malware tro..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Ramadan dan Idul Fitri, Momen Ketika Trafik SMS Telkomsel Naik
Gadgetdiva.id — Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) diyakini membuat semua layanan telekomunikasi..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250
#KembaliSilaturahmi, IM3 Hadirkan Paket Freedom Internet 50GB
Gadgetdiva.id — Memasuki bulan Ramadan, IM3 hadirkan paket Freedom Internet 50GB dan nelpon..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250