Lagu Viral TikTok Dapat Grammy Award, Gara-gara Bridgerton

0
64
Netflix
BRIDGERTON (L to R) REGƒ-JEAN PAGE as SIMON BASSET and PHOEBE DYNEVOR as DAPHNE BRIDGERTON in episode 102 of BRIDGERTON Cr. LIAM DANIEL/NETFLIX © 2020

Gadgetdiva.id — Lagu viral TikTok yang berawal dari tren di Netflix berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi musik dunia, Grammy Awards. Lagu tersebut terinspirasi dari drama serial di Netflix, Bridgerton. Meski bukan lagu resmi namun Grammy mengapresiasi.

Dilansir melalui The Verge, Selasa, 5 April 2022, The Unofficial Bridgerton Musical yang merupakan karya cipta dua musisi Emily Bear dan Abigail Barlow, berhasil membawa pulang Grammy Awards untuk kategori Best Musical Theatre Album. Ini merupakan kali pertama sebuah penghargaan musik diberikan untuk lagi yang berasal dari media sosial.

lagu viral tiktok
BRIDGERTON (L to R) POLLY WALKER as PORTIA FEATHERINGTON, NICOLA COUGHLAN as PENELOPE FEATHERINGTON, HARRIET CAINS as PHILLIPA FEATHERINGTON, BESSIE CARTER as PRUDENCE FEATHERINGTON and BEN MILLER as LORD FEATHERINGTON in episode 101 of BRIDGERTON Cr. LIAM DANIEL/NETFLIX © 2020

Bear dan Barlow mengaku menciptakan musik itu terinspirasi dari serial ternama yang tayang di Netflix, Bridgerton. Musiknya diciptakan pada 2021 dan sejak itu langsung mencuri perhatian di TikTok, dan banyak digunakan ulang oleh TikTokers.

Lagu itu ditulis berdasarkan sudut pandang dari karakter di drama tersebut. Bear dan Barlow kemudian menggunakan TikTok untuk meminta saran kepada pengguna TikTok. Mereka pun berinteraksi dengan penggemar di platform tersebut, serta berbagi proses penulisan lagu sampai selesai.

Duo ini merilis lagu setelah selesai dan akhirnya merekam dan merilis album berisi 15 lagu pada bulan September.

Lagu Viral TikTok Barlow and Bear

“Setahun yang lalu, kami bertanya di internet, bagaimana jika Bridgerton dibuat menjadi drama musikal? Saya tidak pernah membayangkan bahwa hal itu bisa membawa kami ke panggung Grammy sekarang dan membawa satu di tangan kami. Kami ingin berterima kasih kepada semua orang di internet yang menemani kami menciptakan lagu ini. Kami berbagi penghargaan ini dengan kalian,” ujar Barlow.

Prestasi Bear dan Barlow ini hanyalah contoh lain dari sukses sebuah karya di media sosial atau dunia maya, yang bisa mendapatkan apresiasi di dunia nyata, bahkan tanpa kehadiran bantuan media mainstream (label rekaman).

TikTok melaporkan, di platformnya ada sekitar 430 lagu yang mendapatkan total pengunjung sampai 1 miliar tahun lalu. Angka ini diklaim naik cukup signifikan atau tiga kali lipat dibanding raihan 2020. Dari 430 lagu, ada sekitar 175 lagu yang sempat viral dan menduduki Billboard Hot 100.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini