Elon Musk Beli Saham Twitter, Ingin Pertahankan Kebebasan Berpendapat

0
64
#RIPTwitter

Gadgetdiva.id — Elon Musk beli saham Twitter sebesar 9,2 persen. Hal ini terungkap dari surat pengajuan ke Securities and Exchange Commission. Orang terkaya di dunia itu ingin mempertahankan kebebasan berpendapat yang sering menjadi pro kontra di Twitter.

CEO Tesla sekaligus SpaceX itu diketahui telah membeli sebanyak 73,4 juta saham Twitter pada 14 Maret lalu. Saham tersebut bernilai USD2,89 miliar. Dengan demikian, Musk menjadi pemegang saham mayoritas di Twitter, bahkan jumlahnya lebih besar empat kali lipat ketimbang milik pendirinya, Jack Dorsey yang hanya punya 2,3 persen saham.

elon musk beli saham twitter

Pengaruh Musk memang sangat besar di dunia maya maupun dunia nyata. Tidak heran, setelah pemberitaan soal pembelian saham itu, harga saham Twitter langsung naik 28 persen. Jika dihitung, sejak pembelian saham pertengahan Maret lalu, sampai saat ini Musk telah memiliki keuntungan USD1,1 miliar karena harga saham Twitter yang melonjak.

Dengan jumlah saham mayoritas, Musk dapat menggunakan kepemilikan sahamnya itu untuk memengaruhi rencana bisnis atau kebijakan Twitter. Bloomberg menulis bahwa Twitter sangat rentan terhadap tekanan luar. Pasalnya, Twitter tidak seperti Google, Facebook, Amazon, atau Snap, dimana pendiri perusahaan masih memiliki kendali atas masa depan perusahaan.

Seperti diketahui, Twitter baru saja pulih dari tekanan manajemen yang dimulai pada 2020. Endingnya membuat Dorsey, yang menjalani tugas keduanya sebagai CEO Twitter, terpaksa harus mundur.

Elon Musk Beli Saham Twitter

Namun sepertinya ada alasan lain yang membuat Musk rela merogoh kocek sampai miliaran dolar untuk membeli saham Twitter. Musk selama ini dikenal sebagai pengguna Twitter aktif yang sering memposting apa saja tentang karir, pribadi, sampai berita perusahaan. Dia percaya bahwa Twitter merupakan platform yang tepat untuk melestarikan kebebasan berpendapat.

elon musk beli saham twitter
Elon Musk dan Grimes

Pada 25 Maret, Musk memposting jajak pendapat Twitter. Kala itu dia menulis, “Kebebasan berbicara sangat penting untuk demokrasi yang berfungsi. Apakah Anda percaya Twitter secara ketat mematuhi prinsip ini?” Musk menekankan bahwa hasil dari poling ini sangat penting dan dia meminta agar para pengguna Twitter benar-benar serius mengikuti poling tersebut.

Hasilnya, poling yang dibuat pacar penyanyi Grimes itu mendapatkan antusiasme besar. Total ada 2 juta pemilih yang ikut serta. Sebanyak 70 persen responden menjawab ‘tidak’.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini