Forum Cybercrime Terbesar di dunia, Hydra Resmi Ditutup

0
17
Hydra

Gadgetdiva.id — Hydra, forum cybercrime alias kejahatan dunia maya terbesar resmi ditutup. Berita ini disampaikan langsung oleh Kantor Kepolisian Kriminal Federal Jerman, Bundeskriminalamt (BKA) pada Selasa (5/4) lalu.

Pihak kepolisian telah menyita server dan infrastruktur yang Hydra gunakan. Serta, 543 Bitcoin (BTC) sebesar US$25 juta atau sekitar Rp359 milyar saat beroperasi.

Hydra sendiri telah beroperasi sedari 2015. Sejak saat itu, perusahaan mengalami peningkatan yang pesat.

Hydra
Photo by Kanchanara on Unsplash

Berdasarkan laporan tahun 2021 yang diterbitkan bersama oleh perusahaan keamanan Falshpoint dan perusahaan alanisis blockchain Chainalysis, Hydra berhasil meraup pendapatan tahunan lebih dari USD$1,37 miliar.

Pada 2016, perusahaan menyatakan bahwa Hydra memiliki pendapatan hanya $9,4 juta. Pihak berwenang Jerman menyatakan situs tersebut memiliki 17 juta pelanggan dan lebih dari 19.000 akun penjual terdaftar.

Hydra berisi bazaar cybercrime

Dijuluki sebagai bazaar cybercrime, Hydra tersedia secara eksklusif melalui jaringan Tor. Perusahaan tersebut memperantai penjualan narkotika, dokumen palsu, layanan pencucian cryptocurrency dan barang digital lainnya.

Flahpoint dan Chainalysis mengidentifikasi 11 operator inti. Namun, mengatakan pasar tersebut sangat besar sehingga kemungkinan dikelolah oleh “beberapa lusin orang, dengan tanggung jawab yang digambarkan dengan jelas.”

Hydra
Foto: Arshtechnica

Dalam sebuah posting yang diterbitkan pada hari Selasa, Kantor Pusat Jermat untuk Memerangi Kejahatan Dunia Maya (dikenal sebagai ZIT) dan BKA menyatakan bahwa mereka menyita infrastruktur Hydra dan 543 bitcoin, senilai sekiar USD$ 25 juta.

Orang yang mencoba mengunjungi situs tak dapat mengakses halaman atau sumber daya yang tersedia sebelumnya. Sebagai gantinya, mereka melihat grafik berikut yang memuat segel dari beberapa lembaga penegak hukum, termasuk FBI dan Drug Enforcement Administration. Grafik menyatakan bahwa situs telah ditutup.

“Penyitaan yang dilakukan hari ini didahului oleh penyelidikan ekstensif yang telah dilakukan oleh BKA dan ZIT sejak Agustus 2021 dan dimana beberapa otoritas AS terlibat,” tulis pihak berwenang dalam pernyataan hari Selasa.

Memfasilitas moneylaundry

Layanan utama yang tersedia di Hydra adalah Bitcoin Bank Mixer. Merupakan layanan untuk mengaburkan transaksi digital sehingga lebih sulit dilacak oleh penegak hukum.

Menurut Elliptic, firma analisis blockchain, Hydra telah memfasilitasi pencucian sejumlah USD$ 7 miliar dalam bitcoin yang dicuri dari pertukaran Bitfinex pada 2016. Ellliptic juga menyatakan situs darknet tersebut membantu mencuci uang kelompok ransomware Dark Side yang diperas dalam pertasan Colonial Pipeline terakhir bertahun-tahun.

Secara keseluruhan, menurut Elliptic, Hydra telah memfasilitasi lebih dari USD$5 miliar dalam transaksi. Penutupan situs meninggalkan kekosongan yang luar biasa di cybercrime dunia. Tidak diragukan lagi akan diisi oleh operator yang sama saat mereka kembali bangkit atau memiliki pendatang baru yang giat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini