Meta Habiskan Rp387 Miliar untuk Keamanan Mark Zuckerberg dan Keluarga

0
Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg and Priscilla Chan. (Chan Zuckerberg Initiative)

Gadgetdiva.id — Keamanan Mark Zuckerberg dan keluarga ternyata sangat penting. Pendiri Facebook itu dikabarkan telah menghabiskan sekitar USD27 juta atau setara Rp387 miliar hanya untuk keamanan pribadi dan keluarganya.

keamanan Mark Zuckerberg
Photo by Dima Solomin on Unsplash

Dilansir melalui TechSpot, Rabu, 13 April 2022, menjadi orang terkaya di dunia ternyata tidak memberikan rasa nyaman bagi Zuckerberg. Dia merasa banyak orang yang membencinya. Tak hanya Zuckerberg yang dilindungi tapi juga keluarga dan orang terdekatnya.

Hal ini terungkap dalam dokumen yang dikirimkan Meta kepada Securities and Exchange Commission (SEC). Dalam dokumen tersebut, perusahaan mengaku telah menghabiskan lebih dari USD15,2 juta tahun lalu untuk membuat hidup Zuckerberg aman setiap harinya. Tak hanya aman di rumah tapi juga saat ia berpergian kemana saja.

keamanan mark zuckerberg

Di luar biaya itu, dia juga ketahuan menghabiskan USD10 juta untuk tunjangan bagi keamanan keluarganya. Ditambah lagi, pengeluaran sebesar USD1,6 juta untuk penggunaan pesawat pribadi untuk plesir dia dan keluarganya.

Tak sampai situ. Dokumen itu juga mengungkap jika biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk melindungi dinasti Zuckerberg dipastikan naik setiap tahunnya. Pada 2019, pengeluaran untuk keamanan keluarga pendiri Facebook itu sekitar USD23 juta, kemudian di 2020 naik menjadi USD25 juta dan tahun lalu mencapai angka USD26,8 juta.

keamanan mark zuckerberg

Keamanan Mark Zuckerberg dan keluarga

Kenaikan di tahun lalu dikarenakan munculnya pandemi. Hal ini mengakibatkan makin banyak pengeluaran yang harus dibiayai oleh perusahaan, termasuk untuk protokol kesehatan Covid-19, untuk Mark dan keluarga juga bodyguard-nya. Akibat Covid juga, Mark harus menurunkan kebutuhannya untuk travel. Terbukti, biaya untuk menyewa pesawat pribadi turun tiap tahun. Dari USD2,9 juta di 2019 menjadi hanya USD1,6 juta di 2021.

keamanan mark zuckerberg

Jika dibandingkan, jumlah pengeluaran biaya keamanan yang diberikan Meta ke Zuckerberg dan COO Sheryl Sandberg (yang mencapai USD9 juta) dianggap terlalu mahal. Dalam dokumen milik perusahaan besar lainnya, tercatat Sundar Pichai sebagai CEO Google memiliki biaya keamanan pribadi sebesar USD4,3 juta, dan pendiri Snapchat Evan Spiegel sebesar USD2,3 juta.

Dalam dokumen itu, Meta juga menyebutkan jika selama ini sentimen negatif yang ada di Facebook dan Meta kerap ditujukan langsung ke pendirinya, Mark Zuckerberg. Tidak heran jika Zuckerberg merasa dibenci dan tidak aman, sampai menghabiskan biaya keamanan segitu besarnya.

TBL TBL TBL. Takut Banget Loch!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini