Samsung No.1 di Pasar Smartphone Global, Xiaomi Merosot?

0
254
Samsung

Gadgetdiva.id — Samsung Electronics diklaim telah menduduki kembali tahta tertinggi di pasar smartphone global. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan itu menduduki posisi puncak, mengalahkan Apple pada kuartal pertama tahun 2022.

Dilansir melalui Yonhap terkait peta pasar smartphone global Q1 2022, Senin, 2 Mei 2022, Samsung diprediksi telah mengapalkan sekitar 74 juta unit smartphone di kuartal pertama, sejak Januari – Maret 2022. Angka ini naik 7 persen dari kuartal sebelumnya, namun turun 3 persen dari kuartal yang sama di tahun 2021.

Hal ini terungkap dari data yang dibeberkan perusahaan riset Counterpoint. Dengan jumlah pengiriman smartphone sebesar itu, pangsa pasar Samsung kembali naik menjadi 23 persen di Q1 2022. Padahal di kuartal sebelumnya, market share Samsung hanya 19 persen. Otomatis, hal ini membuat Samsung menjadi vendor smartphone terbesar di dunia.

pasar smartphone global

Di posisi kedua ada Apple yang harus puas dengan pangsa pasar hanya 18 persen. Perusahaan almarhum Steve Jobs itu dikabarkan telah menjual sekitar 59 juta unit smartphone. Angka ini turun satu persen dibanding kuartal yang sama di tahun sebelumnya, dan turun 28 persen daripada Q4 2021.

Menurut data Counterpoint, total jumlah pengiriman smartphone di dunia mencapai angka 328 juta unit. Angka ini menunjukkan penurunan sebesar 7 persen year-on-year. Peningkatan Samsung ini, kata Counterpoint, dikontribusi dari kinerja penjualan seri Galaxy S22 yang dirilis Februari lalu.

“Meskipun ponsel flagship yang mereka luncurkan di Februari lalu itu memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang seri sebelumnya, yakni S21, namun konsumen memberikan respons yang cukup baik,” ujar analis senior Counterpoint, Harmeet Singh Walia, terkait pasar smartphone global.

Pasar Smartphone Global

Untuk posisi tiga ditempati oleh Xiaomi dengan pengapalan sampai 39 juta unit smartphone di kuartal pertama ini. Pengapalan smartphone Xiaomi turun sampai 20 persen dan pangsa pasarnya pun turun dari 14 persen menjadi hanya 12 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

“Hal ini disebabkan oleh kinerja yang relatif lemah dari smartphone Redmi 9A dan 10S, serta krisis chip yang lebih merugikan Xiaomi dibandingkan vendor lain. Xiaomi juga tidak dapat mengambil manfaat dari festival belanja Tahun Baru Imlek,” jelas Walia.

pasar smartphone global

Pengapalan OPPO juga dikabarkan turun 19 persen yoy menjadi hanya 31 juta unit di kuartal pertama tahun ini karena kendala sisi pasokan yang dihasilkan dari kekurangan komponen yang sedang berlangsung. Fokus lebih ke offline dan dengan beberapa peluncuran besar baru-baru ini, pengiriman OPPO terpengaruh lebih parah selama gelombang Omicron, terutama di pasar seperti India. Akibatnya, pangsa pasarnya turun menjadi 9 persen dari 11 persen di Q1 2021.

Sedangkan Vivo, pangsa pasarnya turun menjadi hanya 9 persen saja di kuartal pertama ini. Sama seperti OPPO, vivo juga terpengaruh krisis komponen yang parah sejak akhir tahun lalu. Ada juga persaingan yang lebih besar di pasar low-end yang merupakan pendorong utama volume pengiriman vivo. Oleh karena itu, meskipun berkinerja baik di China dan menggantikan Apple sebagai merek ponsel pintar teratas, vivo mengalami penurunan dalam pengiriman global.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini