Setop Gunakan Internet Explorer Mulai Sekarang!

0
89
internet explorer

Gadgetdiva.id — Pengguna Microsoft bisa setop gunakan Internet Explorer mulai dari sekarang. Pasalnya, perusahaan milik Bill Gates itu berencana akan mempensiunkan Internet Explorer 11 di hampir semua versi Windows yang beredar, tepatnya mulai Juni 2022.

Rupanya, kesempatan para pengguna Windows untuk beralih ke browser lain tinggal sebulan lagi. Waktunya semakin dekat untuk Microsoft mulai mematikan Internet Explorer 11 (IE 11). Sudah banyak pengguna yang mulai meninggalkan IE 11 namun masih ada yang belum bisa move-on.

Dilansir melalui Ghacks.net, Selasa, 3 Mei 2022, Microsoft telah meminta konsumen di level perusahaan untuk menetapkan waktu pensiun IE 11 yang mereka gunakan untuk kegiatan operasional bisnis, pada 15 Juni 2022. Hal ini dilakukan untuk memastikan perusahaan yang menggunakan IE 11 tidak akan mengalami masalah ketika browser tersebut nonaktif.

Internet Explorer

Microsoft memastikan jika Internet Explorer 11 tidak akan lagi bisa digunakan pada tanggal yang telah ditetapkan tersebut. Saat itu pula, Microsoft akan mulai memberikan akses ke browser Microsoft Edge yang akan terunggah secara otomatis ke dalam perangkat pengguna.

Oleh karena itu, Microsoft menyarankan perusahaan untuk mulai menggunakan browser Edge sejak sekarang. Pasalnya, Edge juga mendukung fitur IE yang lama melalui fungsionalitas Mode IE.

Mode IE dapat memuat konten lokal dan asing yang memerlukan teknologi Internet tertentu. Peramban web modern seperti Edge, Chrome, atau Firefox tidak mendukung teknologi ini, dan pemuatan layanan mungkin gagal sepenuhnya atau fungsionalitasnya mungkin terbatas, ketika peramban ini digunakan. Hanya Microsoft Edge dengan Mode IE yang bisa.

Microsoft pun merekomendasikan persiapan berikut ini untuk menyambut hari pensiun Internet Explorer 11:

  • Menguji Mode IE untuk memastikan bahwa semuanya sudah diatur dengan benar dan berfungsi. Situs perlu diuji dalam Mode IE untuk memastikan peramban itu berfungsi dengan baik dan alur kerja terus aktif dalam mode tersebut. Admin IT perusahaan dapat menguji coba perubahan dengan grup pengguna, misalnya, dengan menggunakan kebijakan Nonaktifkan IE, untuk menjadikan Edge aplikasi default, segera pada sistem tertentu.
  • Menetapkan tanggal pensiun Internet Explorer di sistem IT perusahaan. Menggunakan kebijakan Nonaktifkan IE, perusahaan dapat menetapkan tanggal penghentian untuk IE yang ditetapkan sebelum 15 Juni. Microsoft merekomendasikan tanggal penghentian beberapa pekan sebelum tanggal akhir dukungan browser.
  • Menginformasikan pengguna dan mengimpor data. Karyawan perlu menyadari perubahan tersebut karena data perlu dimigrasikan dari Internet Explorer ke Microsoft Edge. Microsoft menyarankan agar pengguna mengimpor dari IE ke Edge sebelum IE dipensiunkan. Pengguna dapat mengakses edge://settings/importData di bilah alamat Edge dan memilih Microsoft Internet Explorer untuk mulai mengimpor data dari browser.
  • Terapkan kebijakan yang bisa memblokir Internet Explorer.

Diketahui, pamor Internet Explorer sendiri saat ini sudah turun drastis. Hanya Microsoft dan Tuhan yang tahu berapa pengguna IE saat ini. Namun sebuah perusahaan riset menyebut jika pangsa pasar IE saat ini hanya 0,50 persen dari keseluruhan pasar browser dunia. Kabarnya, Edge saat ini telah menjadi browser default di perangkat berbasis Windows 11. Dan rata-rata penggunanya sudah mulai nyaman menggunakan Edge.

Perusahaan yang masih menggunakan IE 11 memiliki jangka waktu sampai 6 pekan ke depan untuk bermigrasi ke Edge, sebelum semuanya terinstal secara otomatis, tepat pada 15 Juni 2022.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini