Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia Dorong Talenta Digital Lewat Tokopedia Academy
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Jumat, 20 Mei 2022 - 17:19 WIB
Gadgetdiva.id — Dalam rangka merayakan Hari Kebangkitan Nasional, Tokopedia beri semangat inovasi. Yakni dengan mendorong kemajuan talenta digital bersama para mitra strategis lewat Tokopedia Academy.
“Kami berkolaborasi dengan mitra strategis seperti instansi pendidikan, komunitas pegiat teknologi, pemerintah dan lain-lain untuk menghadirkan Tokopedia Academy,” jelas Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Tokopedia Academy sendiri merupakan wadah bagi talenta digital mengasah ilmu dan keterampilan berkaitan dengan teknologi, data, produk dan desain produk. Tak hanya itu, program ini juga ditujukan untuk dukung upaya pemerintah penuhi kebutuhan akan 9 juta talenta digital hingga 2030.
Tokopedia Academy menghadirkan 18 pelatihan yang dapat diakses secara gratis lewat website resminya. Menurut Ekhel, animo masyarakat terhadap berbagai program Tokopedia Academy semakin tinggi.
“Sepanjang 2021, partisipan Tokopedia Academy meningkat hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2020,” ungkap Ekhel.
Tokopedia Academy juga berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui SIBERKREASI. Salah satu programnya merupakan Tokopedia NextGen, program inkubasi bagi pelajar SMA/SMK/SLTA sederajat untuk lebih memahami dunia digital.
Dalam waktu dekat, Tokopedia Academy akan kembali mengadakan START Summit 2022 yang mengusung tema ‘Driving Innovation At Scale’. Konferensi teknologi ini adalah salah satu wujud komitmen Tokopedia untuk terus menggaungkan semangat kebangkitan nasional lewat mendorong kemunculan lebih banyak inovasi dari para talenta digital dalam negeri.
Deretan Fitur Baru bagi Pengguna iOS dan Android
Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia terus berupaya menghasilkan inovasi terbaik – yang dapat mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga mencapai lebih – di perangkat iOS maupun Android.
“Fitur Built-in Dark Mode contohnya, kami hadirkan di iOS maupun Android, yang bermanfaat untuk menghemat baterai smartphone, serta nyaman untuk mata, khususnya saat menggunakan ponsel di tengah ruangan gelap,” ungkap Head of Engineering (iOS) Tokopedia, Tonito. Tokopedia menjadi e-commerce pertama di Indonesia yang memfasilitasi fitur built-in dark mode untuk pengguna.
Di sisi lain, Head of Engineering (Android) Tokopedia, Rico Harisin mengungkapkan, “Kami juga mengembangkan aplikasi Tokopedia khusus untuk ponsel lipat atau Foldable, sehingga pengguna android foldable dapat berbelanja dengan lebih nyaman.”
Membangun aplikasi Tokopedia dalam ponsel lipat sangat menantang karena barunya teknologi tersebut, tetapi tantangan itu justru meningkatkan semangat tim. “Kami sangat antusias mengembangkan aplikasi untuk teknologi terdepan seperti foldable. Banyak sekali yang bisa kami pelajari, terlebih karena mengetahui upaya pengembangan ini bisa menjawab kebutuhan pengguna,” tambah Rico.
Artikel Terkait
G20 Empower, XL Axiata Dorong UMKM Perempuan untuk Pertumbuhan Ekonomi
Gadgetdiva.id — XL Axiata, dalam G20 Empower, mendukung UMKM yang didirikan perempuan dan m..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250
Gaet Google, Samsung Luncurkan Health Connect API
Gadgetdiva.id — Kolaborasi antara Google dan Samsung luncurkan platform Health Connect. Dim..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Spotify Mulai Jajaki Fitur NFT di Platformnya
Gadgetdiva.id — Spotify dikabarkan sedang uji coba bagi artis di platformnya untuk menampil..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
2 partner resmi sewa kamera Canon di Jakarta
Gadgetdiva.id –Canon baru saja meresmikan kamera hybrid EOS Cinema R5 C. Tidak hanya bisa d..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250