Survei: 3,6 juta Pelanggan Netflix di AS Membatalkan Langganan Mereka
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Senin, 23 Mei 2022 - 09:21 WIB
Gadgetdiva.id — Survei tunjukkan pelanggan Netflix jangka panjang membatalkan langganan mereka. Berita ini dilaporkan oleh The Information.
Menurut data survei yang dilihat oleh outlet, pelanggan Netflix yang telah menggunakan layanan selama lebih dari tiga tahun menyumbang 13 persen dari pembatalan pada kuartal pertama tahun 2022. Informasi tersebut dihimpun The Information dari Antenna.
Sebuah perusahaan analitik mengumpulkan data dari 5 juta orang Amerika yang membagikan langganan streaming mereka secaraa anonim. Data menunjukkan bahwa pembatalan langganan keseluruhan mencapai 3,6 juta orang pada kuartal terakhir. Lalu, meningkat dari 2,5 juta pembatalan dalam lima kuartal terakhir.
Oleh karena jumlah pembatalan secara keseluruhan telah meningkat, The Information melaporkan bahwa pelanggan Netflix baru menyumbang sebagian lebih kecil dari mereka. Indikator lain bahwa Netflix sedang berjuang untuk mempertahankan pelanggannya untuk jangka waktu yang lebih lama.
Pada kuartal kedua 2021, 70 persen pelanggan Netflix yang disurvei telah membatalkan langganan mereka di platform. Sementara, 60 persen pelanggan jangka panjang yang membatalkan langganan. Pelanggan Netflix yang baru pun juga melakukan pembatalaan pada kuartal terakhir. Yakni, juga sebanyak 60 persen.
Netflix telah memulai tahun 2022 dengan cukup sulit. Pada kuartal pertama, raksasa streaming tersebut kehilangan 200.000 pelanggan Netflix.
Hal tersebut menandai perama kalinya kehilangan pelanggan dalam lebih dari 10 tahun. Selain itu, perusahaan juga memperkirakan akan kehilangan 2 juta pelanggan Netflix lagi pada kuartal kedua 2022. Saat ini, Netflix sendiri memiliki total 72,58 juta pelanggan di AS dan Kanada.
Alasan Pelanggan Netflix Semakin Berkurang
Sejumlah faktor menjadi alasan terhadap berkurangnya pelanggan Netflix. Pada bulan Maret, Netflix menangguhkan layanannya di Rusia karena perangnya dengna Ukraina. Hal ini memutus sekitar satu juga pelanggan di negara tersebut.
Untuk mensiasati pengurangan pelanggan Netflix ini, platform menyebut bahwa mereka berencana untuk meluncurkan paket yang lebih murah. Namun, dengan dukungan iklan.
Co-CEO Netflix, Reed Hastings juga tak segan untuk menindak pelaku sharing akun. Layanan teresebut sedang menguji fitur langganan terbaru di Chili, Costa Rica dan Peru yang membungkinkan pelanggan menambahkan “sub-akun” untuk siapa saja yang menggunakan layanan di luar alamat mereka. Namun, dengan harga yang lebih murah.
Sebelumnya, Netflix dikabarkan cukup menggarap banyak pelanggan sejak Squid Game dirilis. Platofrm tersebut bahkan berhasil menutup tahun 2021 dengan 221,84 juta pelanggan di platformnya.
Mengutip dari Digital Trends, saat itu Netflix melaporkan bahwa angka pelanggan tersebut merupakan kenaikan dari data 8,9 juta. Plus, naik 8,9 persen dari tahun ke tahun.
Hal ini dikarenakan kehadiran konten streaming di platform terbarunya, yakni The Witcher Season 2 yang berhasil menembus 484 juta jam viewers dilihat dalam 28 hari pertama. Diikuti oleh You dengan jumlah 468 juta jam viewers.
Artikel Terkait
Sisternet XL Axiata Klaim Sudah Bantu 200 Ribu UMKM Perempuan
Gadgetdiva.id — Sisternet XL Axiata mengklaim sudah membantu lebih dari 200 ribu UMKM perem..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250
G20 Empower, 4 Menteri Tegas Dukung UMKM Perempuan
Gadgetdiva.id — UMKM perempuan atau usaha mikro kecil dan menengah yang kebanyakan didirika..
- by Siti Sarifah Aliah
- 2 tahun lalu
- 3,250
Gandeng 3 Artis, Samsung Hadirkan Karya NFT Pakai Galaxy S22 Ultra 5G
Gadgetdiva.id — Samsung berkolaborasi dengan Bryan Lie, Randy Danistha dan Rifqi Ardiansyah..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Google Tambahkan Aplikasi Youtube Music untuk Wear OS
Gadgetdiva.id — Google akhirnya menghadirkan streaming ke aplikasi Youtube Music pada Wear ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250