Smartphone di Eropa Wajib Gunakan USB Type-C

0
SuperVOOC
Foto: Unsplash/Onur Binay

Gadgetdiva.id — Kesepakatan terbaru antara negara-negara di Uni Eropa mewajibkan seluruh perangkat seluler yang beredar hanya menggunakan satu model pengisian daya. Yakni, menggunakan kabel USB Type-C.

Perangkat seluler yang dimaksud ialah mulai dari ponsel, tablet hingga kamera. Kesepakatan terkait kabel USB Type-C tersebut dirembukkan pada hari Selasa (7/6) kemarin.

Pemberlakukan kesepakatan terbaru ini akan dilaksanakan pada musim gugur 2024 mendatang. Produsen akan diberi waktu selama 40 bulan untuk mematuhi aturan tersebut.

“Pada musim gugur 2024, USB Type-C akan jadi port pengisian daya umum untuk semua ponsel, tablet dan kamera di Uni Eropa,” ujar Parlemen Eropa dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters.

USB Type C

Menurut Komisi Eropa, kesepakatan ini dapat menjadi solusi bersama untuk masyarakat. Dimana mereka dapat menghemat lebih banyak biaya dan membuat hidup mereka juga semakin mudah.

Thierry Breton, pimpinan sektor industri Uni Eropa menyatakan bahwa kebijakan tersebut dapat membantu konsumen berhemat hingga 250 juta euro. Atau sekitar Rp 3,9 triliun.

USB Type C

Menurut Thierry, langkah ini juga akan memungkinkan teknologi baru untuk semakin berinovasi.

“Ini juga akan memungkinkan teknologi baru, seperti pengisian nirkabel, muncul dan berkembang tanpa membiarkan inovasi menjadi sumber fragmentasi pasar dan ketidaknyamanan konsumen,” tambah Thierry.

Pemberlakuan USB Type-C untuk Perangkat di Eropa dan Apple

Sementara itu, berkat adanya kesepakatan baru tersebut, Apple harus mengubah konektor pada iPhone dan laptop yang dijualnya di Eropa pada tahun 2024 nantinya. Namun, perusahaan belum memberi tanggapan terkait peraturan terbaru ini.

Apple sendiri sempat khawatir dengan aturan satu charger ini. Menurut mereka, peraturan tersebut akan mengganggu inovasi dan menyebabkan sampah elektronik semakin banyak.

Namun, menurut para analis, langkah ini dapat mendorong penjualan Apple pada 2024. Dimana akan mendorong lebih banyak orang Eropa untuk membeli gadget terbaru daripada yang tanpa menggunakan USB-C.

USB Type C

Sementara itu, bagi konsumen yang masih menggunakan kabel Lightning, masih dapat menggunakannya. Hanya saja, akan lebih sedikit pembelian produk lama di platform pihak ketiga.

Apple sendiri dikabarkan sedang melakukan pengerjaan untuk iPhone dengan port USB-C. Perangkat tersebut diharapkan dapat debut tahun depan, menurut Bloomberg.

Sementara itu, hampir semua perangkat terbaru Android telah menggunakan USB Type-C. Kesepakatan terbaru di Uni Eropa ini akan berlaku untuk earbuds, e-readers dan perangkat periferal komputer lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini