Girls in Tech Scholarship Siapkan Beasiswa untuk Perempuan Indonesia

0
Girls in Tech Scholarship
Foto: Unsplash/Christina Wocintechchat

Gadgetdiva.id — Girls in Tech melalui Girls in Tech Scholarship kembali siapkan beasiswa untuk perempuan Indonesia. Program kali ini merupakan kerja sama dengan Education New Zealand.

Girls in Tech Scholarship telah resmi membuka pendaftaran untuk umuk mulai 20 Mei hingga 30 Juni 2022 mendatang. 12 perempuan yang terpilih berhak mengikuti pelatihan dalam bidang Product Management dan Data Analytics.

Program Girls in Tech Scholarship ini bertujuan untuk dukung kemajuan perempuan Indonesia sekaligus mengurangi kesenjangan krisis mereka dalam dunia teknologi. Salah satu yang menjadi faktor ialah permintaan sumber daya manusia di bidang teknologi yang kian banyak seiring dengan berkembangnya teknologi.

“Perkembangan e-commerce dan startup di Indoensia yang pesat juga menjadi salah satu faktor tingginya pemrintaan akan talenta-talenta digital di bidang ini,” kata Aulia Halimatussadiah, Co-Managing Director Girls in Tech Indonesia melalui pernyataan pers.

Girls in Tech Scholarship Dukung Perkembangan Perempuan Indonesia di Bidang Teknologi

Aulia menyatakan bahwa dirinya percaya teknologi tak mengenal gender, siapapun bisa berkembang, siapapun bisa maju dan berkarier di bidang teknologi. Termasuk perempuan tanpa latar belakang pendidikan berbasis teknologi sekalipun.

Teknologi sendiri menjadi salah satu sektor dengan partisipasi perempuan yang rendah dibadning dengan industri lainnya. Selain itu, kurangnya presensi perempuan dalam sektor ini dapat memengaruhi kontribusi keseluruhan mereka pada laju ekonomi Indonesia.

Girls in Tech Scholarship
Foto: Kompas.com

Hasil riset dari Boston Consulting Group menyatakan bahwa Indonesia memiliki tingkat partisipasi perempuan terendah dalam perusahaan teknologi sebesar 22% dibandingkan dengan negara ASEAN lainnya. Misalnya Thailand yang memiliki presentase tertinggi perempuan dalam tenaga kerja teknologi sebesar 42% dan disusul oleh Singapura dengna 41%.

Indonesia sendiri memiliki jumlah penduduk yang jauh lebih banyak, otomatis masih ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tingkatkan keterwakilan perempuan Indonesia di bidang teknologi. Oleh karena itu, Girls in Tech Indonesia kembali membawa program beasiswa guna beri kesempatan perempuan supaya dapat berkembang di bidang teknologi.

Menurut Ben Burrowes, Regional Director Asia, Education New Zealand menyatakan bahwa sebagian besar pekerjaana akan segera membutuhkan keterampilan canggih di seluruh dunia. Tak terkecuali Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, Education New Zealand ingin lebih banyak perempuan memiliki keterampilan digital dan teknologi praktis yang dapat membuka lebih banyak peluang bagi mereka untuk mengambil pekerjaan di bidang ini,” ujar Ben.

Program beasiswa Girls in Tech Indonesia kali ini akan didukung oleh perusahan startup yang bergerak di bidang teknologi. Salah satunya ialah Qasir, penyedia aplikasi point of sale (POS) yang dukung sistem kasir digital.

Nantinya, perusahaan tersebut akan memberi kesempatan untuk pemenang agar dapat langsung magang di kantor mereka. Rachmat Anggara, President & Co-Founder Qasir mengatakan Qasir ikut bangga bisa terlibat dalam program yang digagas Girls In Tech Indonesia ini.

“Kami yakin program ini mampu melahirkan lebih banyak lagi perempuan dengan minat dan potensi yang besar untuk memberikan kontribusinya bagi kemajuan industri teknologi di Indonesia yang pada akhirnya bisa berdampak untuk perkembangan ekonomi Indonesia,” katanya.

Program beasiswa Girls in Tech ini terbuka untuk mahasiswi akhir atau yang sudah lulus kuliah (atau sederajat) maksimal 1 tahun. Yang mana tertarik dengan teknologi atau memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT (tidak wajib).

Bagi Paradiva yang berminat, bisa mendaftarkan diri secara daring melalui link http://bit.ly/GITScholarship2022 dan pastikan menggunakan alamat email yang aktif untuk proses pendaftaran. Batas waktu untuk melakukan pendaftaran hingga tanggal 30 Juni 2022 dan peserta program ini tidak dipungut biaya apa pun.

Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa Girls in Tech dan cara pendaftarannya, bisa mengunjungihttps://indonesia.girlsintech.org/ dan juga follow akun Instagram Girls in Tech di @girlsintechid untuk mendapatkan update terbaru mengenai program beasiswa ini.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan