Indosat Lanjut Kerja Sama Google Cloud, Percepat Transformasi Digital UKM

0
Indosat kerja sama Google Cloud
Chief Business Officer IOH, Bayu Hanantasena (dua dari kiri), Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie (dua dari kanan), SVP-Head of Marketing & Channel Management IOH, Linggajaya Budiman (kanan) dan SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang (kiri)

Gadgetdiva.id — Kerja sama Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dengan Google Cloud yang dimulai sejak November 2021 kembali berlanjut. Indosat dan Google memiliki visi yang sama untuk membuat layanan menyeluruh guna membantu banyak sektor agar bisa cepat berubah ke arah digital.

Sektor yang dimaksud tidak hanya bisnis korporasi tapi juga pemerintahan, UMKM sampai pendidikan. Indosat pun melanjutkan kerja sama yang telah mereka jalin dengan Google sejak November 2021 untuk mempercepat transformasi digital di seluruh segmen konsumen dan perusahaan di Indonesia.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, mengatakan bahwa Google Cloud memiliki kesamaan visi untuk mendukung transformasi digital Indonesia. Kolaborasi dengan Google ini juga sejalan dengan misi IOH dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Indosat kerja sama Google Cloud
Chief Business Officer IOH, Bayu Hanantasena (dua dari kiri), Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie (dua dari kanan), SVP-Head of Marketing & Channel Management IOH, Linggajaya Budiman (kanan) dan SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang (kiri)

“Dalam kolaborasi ini, Indosat Business melakukan pengembangan inovasi teknologi digital berbasis IoT (Internet of Things), Advanced Data Analytics, serta Cloud and Collaboration Tools untuk mendukung transformasi digital untuk korporasi, UMKM, pendidikan, dan pemerintahan,” jelas Bayu.

Indosat lanjut kerja sama dengan Google Cloud

Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kedua lakukan dalam area solusi digital untuk berbagai sektor. Di antaranya:

  • One Stop Digital Business Ecosystem. Sebuah platform digital untuk menghubungkan dan memberdayakan para pelaku bisnis, termasuk UMKM di Indonesia. Platform ini memungkinkan pelanggan mendapatkan kemudahan untuk menjalankan bisnis dengan aplikasi digital, menjangkau calon pelanggan secara luas serta kemudahan transaksi.
  • Advanced Data Analytics: Solusi big data analytics yang memberikan kemudahan pengambilan keputusan berbasis data untuk operasional bisnis, serta memudahkan akuisisi pelanggan melalui smart digital advertising.
  • IoT and AI (Artificial Intelligence): Solusi IoT dengan kemampuan intelligence untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam operasional perusahaan di bidang manufaktur, retail, logistik. dan lain-lain.
  • Cloud and Collaboration Tools: Gabungan kemampuan terbaik IOH dan Google Cloud untuk menyediakan solusi hybrid cloud didukung konektivitas yang andal dan aman dengan Google Cloud direct connect sebagai solusi menyeluruh untuk teknologi informasi dan komunikasi.

Kerja sama Indosat Business dan Google Cloud juga telah digunakan oleh beberapa universitas ternama termasuk UIN Walisongo yang menggunakan solusi GCP (Google Cloud Platform) dalam membantu sistem pendidikan.

“Kemudahan dan kecapatan dalam implementasi Google Cloud dari Indosat Business sangat membantu kami dalam menjalankan proses seleksi SPAN-PTKIN dan UMPTKIN. Seluruh proses dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan time plan dan dapat termonitor dalam satu dashboard secara real-time,” ujar Divisi Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang, Alan Budi Kusuma.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini