Kolaborasi G20 Empower dan Microsoft Indonesia Tingkatkan Partisipasi Perempuan dalam Pertumbuhan Ekonomi Digital

0
34

Group of Twenty (G20) EMPOWER Presidensi Indonesia menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Microsoft Indonesia untuk pelaksanaan program Code Without Barriers.

Program ini menyediakan platform yang memungkinkan talenta perempuan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital inklusif melalui partisipasi dan inovasi di bidang teknologi.

Serangkaian aktivitas seperti pelatihan keterampilan, pemberian sertifikasi, dan pembukaan kesempatan kerja bagi perempuan akan dilakukan sebagai bagian dari program ini.

“Penandatanganan kerja sama ini sejalan dengan tema besar G20 Presidensi Indonesia 2022 “Recover Together, Recover Stronger” dan tema utama ketiga G20 Empower 2022 yaitu membangun kesiapan perempuan di masa depan dalam ekonomi digital.” ujar Yessie D. Yosetya, Direktur & Chief Strategic Transformation & IT Officer XL Axiata.

Kemitraan dengan Microsoft Indonesia sebagai salah satu implementasi dari upaya untuk menutup kesenjangan gender ekonomi yang selama ini terjadi dengan mendorong pengembangkan kompetensi dan sekaligus menciptakan peluang bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam bidang teknologi digital.

"G20 Empower"

program Code, Without Barriers ini akan berfokus pada empat hal. Pertama, mendorong kesadaran, advokasi, mempengaruhi perubahan dan mewujudkan kepemimpinan perempuan melalui ide dan pemikirannya tanpa memandang kemampuan dalam teknologi.

Kedua, menyediakan akses ke peluang dalam teknologi melalui keterampilan digital dan komunitas yang terhubung.

Ketiga, menciptakan eko-sistem dan komunitas perempuan yang kuat dalam kecerdasan buatan dan teknologi untuk mempercepat transformasi serta inovasi digital nasional.

Keempat, meningkatkan kemampuan kerja, yang meliputi “job shadowing” (pelatihan kerja dengan mentor yang lebih berpengalaman), magang, bimbingan, menciptakan peluang kerja, dan perekrutan yang beragam.

Melalui partisipasi G20 EMPOWER di Code Without Barriers, diharapkan pemberdayaan perempuan di Indonesia akan semakin terakselerasi, sambil di saat yang bersamaan memberikan inspirasi bagi perusahaan serta komunitas dari negara-negara di Asia Pasifik lainnya.

Bahkan, sejalan dengan penyelenggaraan G20 di Indonesia, kolaborasi ini juga dapat memberikan inspirasi bagi negara-negara peserta G20 lainnya mengenai berbagai upaya nyata untuk melibatkan perempuan dalam pertumbuhan ekonomi.

G20 EMPOWER dan Microsoft Indonesia sendiri berharap kolaborasi ini dapat mengaktifkan keragaman di dalam perusahaan G20 EMPOWER Advocates yang bertujuan untuk melatih dan memberikan sertifikasi teknologi bagi 30% wanita dari perusahaan yang berpartisipasi dalam 12 bulan ke depan.

Selain itu, kolaborasi ini juga diharapkan dapat semakin membuka akses kerja dan pengembangan karier bagi talenta perempuan di Indonesia secara lebih luas, serta mendorong keterlibatan pemimpin teknologi perempuan dalam melakukan coaching dan mentoring untuk menginspirasi dan memberdayakan lebih banyak lagi talenta perempuan di bidang teknologi.

Baca juga : Komitmen #WeGotYou Gojek Hadirkan Jaminan Penjemputan Tepat Waktu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini