ASUS Kenalkan Laptop Gaming Terbarunya, TUF Dash F15 Harga Rp16 Jutaan

0
63

ASUS secara resmi kenalkan laptop gaming terbarunya yaitu TUF Dash F15 (FX517). Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2021, seri TUF Dash lahir dengan konsep sebuah laptop gaming dengan ketahanan berstandar militer namun dibalut dalam desain bodi yang ringkas sehingga bisa digunakan di mana saja. Laptop ini hadir sebagai seri terbaru yang telah dibekali dengan hardware terkini, sistem pendingin lebih powerful, serta desain bodi baru dengan ketebalan kurang dari 20mm.

“Seri TUF Dash dikenal sebagai laptop untuk para gamer serta pengguna yang membutuhkan mobilitas tinggi. Seri TUF Dash F15 kali ini menawarkan tidak hanya sekedar mobilitas dan performa, tetapi juga desain baru yang lebih ringkas dan tangguh,” ujar Jimmy Lin, ASUS ASUS Southeast Asia Regional Director.

Ringkas, Tangguh, dan Nyaman Digunakan

TUF Dash F15 merupakan salah satu laptop gaming paling ringkas dan ringan di kelasnya. Tidak hanya itu, seri TUF terbaru kali ini juga dibekali dengan tampilan baru yang lebih modern serta bezel yang lebih tipis dari pendahulunya dengan screen-to-body ratio hingga 80%.

Seluruh lini produk TUF mengedepankan durabilitas, tak terkecuali TUF Dash F15. Laptop gaming ini dirancang khusus agar tetap tampil tangguh serta dapat diandalkan kapanpun dan di manapun. laptop ini juga telah lolos uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS (MIL STD-810H) seperti uji jatuh, getaran, hingga operasional di suhu serta kelembapan ekstrem.

"TUF Dash F15"

Selain didukung oleh konektivitas modern seperti WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1, laptop gaming ini juga tetap hadir dengan berbagai port yang siap untuk mendukung aktivitas penggunanya.

Salah satu port modern yang ada di TUF Dash F15 terbaru adalah Thunderbolt 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi tetapi juga mendukung penggunaan monitor tambahan hingga resolusi 8K. Selain itu, port tersebut juga mendukung pengisian daya melalui teknologi USB Power Delivery sehingga menambah aspek mobilitas TUF Dash F15.

Menggunakan layar 15-inci, TUF Dash F15 tetap dibekali dengan keyboard full-size yang dilengkapi numpad fisik. Keyboard tersebut telah dilengkapi dengan LED backlight serta ditemani oleh sebuah touchpad yang lebih baik.

Tidak hanya lebih akurat, touchpad di TUF Dash F15 kini juga lebih luas dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga membuat penggunanya tetap nyaman beraktivitas meski tanpa menggunakan mouse.

Performa Terbaik dengan Hardware dan Fitur Baru

ASUS TUF Dash F15 terbaru kini ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ dengan varian tertinggi Intel® Core™ i7-12650H. Prosesor dengan konfigurasi 10 core (6 P-core dan 4 E-core) dan 16 thread tersebut mampu berjalan pada freakuensi hingga 4,7GHz dan memastikan dapat memabantu berbagai aktivitas mulai dari bermain game, live streaming, pembuatan konten, hingga multitasking.

Prosesor tersebut tidak sendirian karena TUF Dash F15 juga dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 dengan TGP hingga 105W sehingga dapat diandalkan di berbagai skenario penggunaan. Selain itu, TUF Dash F15 telah dibekali memori DDR5 4800MHz yang dapat di-upgrade hingga 32GB.

"TUF Dash F15"

Sementara untuk penyimpanannya, TUF Dash F15 mengandalkan penyimpanan NVMe PCIe 3.0 SSD berkapasitas hingga 1TB sehingga memastikan setiap game serta aplikasi dapat berjalan lebih gesit dan memiliki waktu loading yang singkat.

Seri TUF ini juga merupakan salah satu lini laptop gaming ASUS yang telah dibekali dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengalihkan jalur data pemrosesan tampilan layar secara langsung ke chip grafis GeForce RTX™ yang tersedia.

Dibandingkan menggunakan metode switching lainnya, MUX Switch dapat memangkas latency dan meningkatkan framerate di dalam game hingga 15%. MUX Switch dapat diakses langsung melalui aplikasi Armoury Crate yang tersedia di TUF Dash F15.

Pendinginan yang Ditingkatkan

Hardware performa tinggi mendesak adanya pendinginan yang superior. Sebagai bagian dari sistem pendinginan, Arc Flow Fans™ pada TUF Dash F15 memiliki desain 84 bilah kipas, dengan masing-masing bilah memiliki ketebalan yang berbeda-beda.

Dengan mengatur ketebalan tiap-tiap blade hingga ketebalan 0,1 milimeter di ujung bilah, turbulensi bisa direduksi dan pada saat yang sama dapat meningkatkan aliran udara secara keseluruhan.

"TUF Dash F15"

Meskipun ia menjadi sedikit lebih senyap dibandingkan dengan TUF Dash F15 keluaran tahun lalu, kipas-kipas tersebut menyediakan 13% aliran udara yang lebih banyak dibanding generasi sebelumnya. Empat lubang pembuangan udara juga disiapkan sehingga perangkat dapat melepas panas secara lebih optimal.

Agar pendinginnanya maksimal, ASUS membekali TUF Dash F15 dengan lima heatpipe berbahan tembaga. Heatpipe tersebut tidak hanya mengalirkan panas dari komponen utama seperti prosesor dan chip grafis, tetapi juga mencakup komponen penghasil panas lainnya seperti VRM dan GPU VRAM.

Panas dari heatpipe kemudian disalurkan ke heatsink dengan desain khusus yang dapat melepas panas sekaligus membuang debu dan partikel kecil lainnya keluar dari sistem pendinginan TUF Dash F15.

Harga dan Ketersediaan

ASUS juga menyediakan opsi upgrade lebih luas di TUF Dash F15 terbaru melalui dua slot M.2 NVMe PCIe SSD serta dua slot memori DDR5 4800MHz. Dengan demikian, pengguna TUF Dash F15 dapat melakukan upgrade kapasitas penyimpanan serta memori laptop-nya lebih mudah secara mandiri.

Laptop gaming TUF Dash F15 ini dibanderol dengan harga mulai Rp16 sampai Rp24 jutaan. 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty.

Baca juga : ASUS Zenfone 9 Debut Global Dengan Desain Kecil Harga 12 Jutaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini