XL Axiata Galakkan Pemberdayaan Karyawan Perempuan Lewat Program CWB

0
Program CWB

Gadgetdiva.id — XL Axiata bekerja sama dengan Microsoft untuk menerapkan program CWB (Code; Without Barriers) guna berdayakan karyawan perempuannya.

Komitmen XL Axiata untuk pemberdayaan perempuan sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Selain menghadirkan Sisternet, kini karyawan perempuan di perusahaan tersebut bisa meningkatkan skill digitalnya secara langsung.

Hal ini didorong usai XL Axiata mengadakan kerja sama dengan Microsoft Indonesia untuk menerapkan Code; Without Barriers (CWB). Kerja sama ini diharapkan akan menghadirkan ekosistem yang sehat dan membuka kesempatan yang lebih besar terhadap talenta perempuan untuk menjadi penggerak inovasi di bidang teknologi dan digital.

Program CWB
Foto: LinkedIn/ PT. XL Axiata Tbk

Direktur & Chief Strategic Transformation Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan jika XL Axiata berkomitmen untuk meningkatkan skill karyawan perempuan dalam perusahaan, termasuk penguasaan teknologi digital. Melalui implementasi program CWB, seperti hackathon, bimbingan, hingga dukungan dari para pemimpin bisnis, XL berharap mampu meningkatkan keahlian digital karyawan perempuan dan juga karyawan magang XL Axiata.

“Para karyawan tersebut akan kami dorong untuk menunjukkan kemampuan teknis mereka dengan menciptakan kesadaran, menantang asumsi, serta mengambil manfaat dari dunia coding, teknologi, dan data science. Program CWB ini merupakan program kolaborasi antara G20 EMPOWER dengan Microsoft, di mana XL Axiata sebagai salah satu advocate dari G20 EMPOWER berkomitmen untuk meningkatkan development skills karyawan perempuannya melalui program ini,” ujar Yessie yang juga menjabat sebagai Chair G20 EMPOWER Indonesia.

Baca juga: UMKM Perempeuan Tokopedia Naik 2,5 Kali Lipat

Mengenal Program CWB (Code; Without Barriers)

CWB alias Code; Without Barriers sendiri sejatinya merupakan program kolaborasi antara G20 EMPOWER dengan Microsoft. Program tersebut pertama kali diluncurkan oleh Microsoft di Asia Pasifik pada September 2021 lalu.

Ada sekitar 13 perusahaan dan 21 komunitas developer se-Asia Pasifik yang telah tergabung dalam program CWB ini. Sejak peluncurannya, program CWB telah membuat 18 program sertifikasi Women in AI pada total 8 negara di Asia Pasifik, melatih lebih dari 480 perempuan dan memberi sertifikasi bagi 203 developers.

Program CWB

Menurut Yessie yang mana merupakan Chair G20 EMPOWER Indonesia, menyatakan bahwa melalui program ini XL Axiata merupakan salah satu advocate dari G20 EMPOWER berkomitmen untuk tingkatkan development skilss karyawan perempuannya lewat program tersebut.

“Program CWB ini merupakan program kolaborasi antara G20 EMPOWER dengan Microsoft, di mana XL Axiata sebagai salah satu advocate dari G20 EMPOWER berkomitmen untuk meningkatkan development skills karyawan perempuannya melalui program ini,” ungkap Yessie. 

Ada beberapa hal utama yang ingin dicapai oleh XL Axiata lewat program CWB ini. Pertama, mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hingga peran perempuan XL Axiata lewat gamification, khususnya terkait Azure Fundamental, Microsoft Product and Services, Data AI dan Azure Enablement.

Program CWB

Kedua, pengembangan dan penigkatan pengetahuan untuk para mahasiswa yang ikut program magang bersertifikat Kampus Merdeka. Nantinya, peserta dalam hal ini karyawan, maupun peserta magang perempuan akan mengikuti pelatihan yang telah dipersiapkan selama satu tahun.

XL Axiata sendiri saat ini memiliki total karyawan perempuan mencapai 470 orang atau sekitar 30% dari total karyawan yang mencapai 1.560. Perusahaan menargetkan sekitar 30% dari karyawan perempuan untuk mengikuti program CWB.

Bersama Microsoft Indonesia, XL Axiata percaya adanya keragaman yang bertujuan untuk melatih perempuan dari perusahaan. Selain itu, melalui kolaborasi ini diharapkan pula keterlibatan pemimpin teknologi perempuan dalam melakukan coaching dan mentoring. Guna menginspirasi dan berdaykan lebih banyak talenta mreka.

Lebih jauh, kedua pihak berharap, kolaborasi ini juga akan dapat mengatasi kesenjangan gender di sektor cloud, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan teknologi digital yang berkembang begitu pesat. Program ini menyediakan platform yang memungkinkan developer, coder, dan talenta teknis perempuan lainnya untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi inklusif, serta mendorong inovasi.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan