Apa Itu Aquamorphic di OPPO Reno8?

0
36
ColorOS 13 Beta

Gadgetdiva.id — Sistem operasi ColorOS 13 dilengkapi dengan UX terbaru terinspirasi dari Mother Nature. Dimana kali ini tema desain yang diambil ialah Aquamorphic.

Aquamorphic pada desain UX dari OPPO Reno8 ini mengambil inspirasi dari air. Nah, apa sih filosofi di balik desain Aquamorphic dalam sistem operasi ColorOS 13??

Aquamorphic
Foto: Yanko Design

Desain Aquamorphic terinspirasi dari air mengalir di alam. Dalam keadannya yang lebih tenang, air secara alami cair, halus dan sesuai.

Mereka lebih memilih jalur yang paling sedikit hambatannya dan mengalir di sekitar rintangan daripada mengikis batu secara perlahan daripada mencoba menghancurkannya. Disengaja maupun tidak, ini merupakan metafora yang pas untuk bahasa desain tenang yang diadopsi OPPO untuk flagship Find X5 Pro.

Filosofi Aquamorphic Desain dalam OPPO Reno8

Dalam praktiknya, desain Aquamorphic sendiri memanifestasikan dirinya dalam warna, bentuk dan animasi yang terasa lebih halus dan lebih alami. Skema warna default, misalnya, mencoba mengambil warna dari senja pada permukaan laut.

Dengan ikon lebih besar, tetapi juga memiliki sudut membulat yang halus. Seolah-olah mereka merupakan kerikil yang diambil dari tepi sungai yang mengalir dengan lembut.

Aquamorphic
Foto: Yanko Design

Animasi transisi antara berbagai bagian telepon juga lebih halus dan lebih lancar. Mencoba meniru irama alami air daripada sesuatu yang sesederhana seperti pengatur waktu.

Banyak orang menerima animasi begitu saja dan beberapa bahkan menganggapnya sebagai pemborosan waktu CPU atau baterai. Akan tetapi, animasi yang dirancang dengan benar sebenarnya membantu otak kita membentuk asosiasi ketika bagian-bagian layar bergerak.

OPPO ColorOS 13 sendiri tak berhenti pada tampilannya. Sebuah fitur Always-on-Display baru yang disebut Homeland.

Aquamorphic
Foto: Yanko Design

Fitur Always-on-Display ini hadir untuk meningkatkan kesadaran terkait bagaimana perubahan suhu satu menit yang disebabkan oleh pemanasan global. Dimana dapat memengaruhi satwa liar.

Wallpaper Blossom sendiri mengikat gagasan menanam tanaman dengan screen time-mu. Jika kamu melewati waktu layar yang ditetapkan, tanaman berhenti tumbuh dan mulai layu.

Di sisi teknologi, ColorOS 13 menjanjikan tidak hanya animasi yang lebih halus tetapi juga penggunaan baterai yang lebih efisien. Slean pengurangan 30% dalam konsumsi daya dengan mode Always-on-Display, versi pengalaman pengguna Android OPPO ini mencoba menghemat baterai sebanyak mungkin yang lebih berarti lebih sedikit waktu pengisian dan masa pakai baterai lebih lama.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini