TikTok Rilis Studi Seputar Shoppertainment dan Konsumen di Asia Pasifik
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Jumat, 26 Agustus 2022 - 08:40 WIB
Gadgetdiva.id — TikTok baru saja merilis riset yang membahas seputar konsumen di Asia Pasifik dalam mengutamakan pengalaman menghibur saat berbelanja. Pengalaman tersebut bisa disebut sebagai Shoppertaintment.
Dalam merilis studi tersebut, TikTok bekerjasama dengan Boston Consulting Group (BCG) untuk meluncurkan sebuah survei bertajuk “Shoppertaintment: APAC’s Trillion-Dollar Opportunity” dengan responden di seluruh pasar Asia Pasifik. Termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan dan Jepang.
Asia Pasifik, termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Jepang. Survei ini memberikan wawasan bagi brand tentang pengaruh teknologi terhadap perilaku belanja konsumen yang semakin membutuhkan pengalaman menghibur saat mereka memilih produk ataupun melakukan pembelian, atau yang biasa disebut Shoppertainment.
Shoppertainment merupakan pendekatan penjualan dan promosi yang berbasis konten digitan dan menggabungkan unsur hiburan serta edukasi. Pendekatan ini menciptakan cara yang menarik bagi brand untuk mengubah interaksi mereka dengan konsumen melalui format “video-first, sound-on“.
Menurut survei dari TikTok dan BCG ini, pendekatan shoppertainment ini memberikan pengaruh pada pertumbuhan brand, tepatnya sebesar 63%, terutama di Indonesia, Jepang, dan Korea Selatan.
“Shoppertainment menggabungkan konten, culture, dan kegiatan penjualan dengan cara yang mulus. Dengan begitu, brand dapat berinteraksi dengan audiens selama berbelanja, tanpa terlalu ‘berjualan’ secara terang-terangan. Brand pun akhirnya mampu menyentuh kebutuhan fungsional dan emosional pelanggan, sehingga bisa tercipta hubungan yang lebih kuat dan lebih lama,” kata Sam Singh, Vice President of Global Business Solutions, TikTok APAC.
Studi TikTok: Konsumen Harapkan Brand Fokus Hadirkan Shoppertaintment
Studi ini mengungkapkan bahwa konsumen di Asia Pasifik mengharapkan brand untuk fokus pada hiburan, sebelum memberikan informasi produk dan langkah untuk membelinya. Hal ini dilakukan untuk mengajak konsumen beralih dari tahap awareness ke tahap desire, dan akhirnya maju ke tahap conversion—secara mulus.
Kesenangan dan hiburan: 81% responden mengharapkan konten bercerita dan pendidikan, sementara 76% responden mengaku tertarik pada format video-first. Konten tersebut dapat dibuat oleh influencer dan kolaborasi brand yang ditampilkan melalui TV belanja atau livestream dan dibalut unsur komedi.
Kredibel dan asli: 71% responden menemukan bahwa orisinalitas atau authenticity penting dalam membuat konten menarik. Para brand dapat menciptakan sentimen brand yang autentik, dengan ulasan yang kredibel dan percakapan komunitas yang terbuka dan menarik, yang dapat menginspirasi komunitas melalui ulasan produk atau video unboxing.
Inspirasi dan kesenangan: 71% responden mengharapkan brand tidak memaksakan pengambilan keputusan saat berinteraksi dengan konsumen. Para brand harus memastikan kontennya bisa sesuai dengan minat dan hobi target konsumen, sehingga konsumen menimbulkan perasaan bahagia atau membangkitkan kenangan yang positif.
Tren dan komunitas: 65% responden ingin melihat saran dan rekomendasi tepercaya tentang brand online. Penting untuk menyertakan suara pakar komunitas yang kredibel dan tepercaya, sehingga obrolan ini pun bisa diteruskan oleh pengguna kepada teman dan pengguna lainnya.
Pertumbuhan Konsep Shoppertaintment di Indonesia
Di Indonesia sendiri, konsumen sangat terbuka untuk mengadopsi shoppertainment sebagai bagian dari kegiatan belanja mereka. Sebanyak 83% dari responden Indonesia menyatakan bahwa mereka menonton video sebelum akhirnya membeli produk tersebut. Selain itu, konten video mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli kategori fesyen, kecantikan, dan elektronik mencapai lebih dari 50%.
Salah satu brand elektronik dan peralatan smart home asal Indonesia, BARDI, telah berhasil memanfaatkan format “video-first” di TikTok untuk memanfaatkan antusiasme konsumen berbelanja selama musim Mega Sales melalui sesi live streaming sepanjang hari. BARDI berkolaborasi dengan para kreator TikTok untuk menyajikan konten yang menghibur dan mendorong keinginan membeli produk-produk yang telah didiskon.
Sesi live tersebut tak hanya interaktif, tapi juga edukatif dalam memberikan informasi mengenai kegunaan produk smart home untuk para pengguna. Kampanye ini berhasil mendatangkan lebih dari 89 ribu penonton dari sesi live. Tidak hanya itu, lebih dari 370 produk milik BARDI berhasil terjual dalam sesi live streaming ini.
Artikel Terkait
McDonald’s Indonesia Kenalkan Microsite, Ajak Pelanggan Lebih Dekat dengan Pahlawan Indonesia
Sebagai bagian dari Kampanye Pahlawan yang diusung oleh McDonald’s Indonesia untuk memperkenalk..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250
OPPO Besut Teknologi AI untuk Rancang Animasi Avatar Digital
Gadgetdiva.id — OPPO telah meluncurkan sebuah teknologi AI yang dinamakan Structured Local ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Apa Itu Aquamorphic di OPPO Reno8?
Gadgetdiva.id — Sistem operasi ColorOS 13 dilengkapi dengan UX terbaru terinspirasi dari Mo..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Huawei Kirim Talenta Digital Terbaik ke Gelaran Seeds for the Future 2022
Sebanyak 10 mahasiswa terbaik dipilih Huawei untuk mewakili Indonesia di salah satu program penge..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250