5 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO dalam ColorOS 12 dan ColorOS 13

0
Daftar Harga OPPO

Gadgetdiva.id — OPPO menghadirkan beragam fitur keamanan data dan privasi untuk sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13. Fitur keamanan data dan privasi OPPO ini dapat melindungi pengguna dari kebocoran data.

Fitur keamanan data dan privasi OPPO sendiri telah dibawa melalui sistem operasi ColorOS. Dimana perusahaan tersebut telah menjamin perangkat lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama 4 tahun kedepan setelah diluncurkan.

Sedangkan, perangkat lini seri A akan menerima security update tersebut selama 3 tahun kedepan sejak diluncurkan. Selama pengembangan fitur keamanan data dan privasi OPPO ini dilakukan bersama dengan para pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama, serta menambal berbagai celah keamanan.

“OPPO juga bekerjasama dengan erat dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama untuk menambal berbagai celah kemanan,” ungkap Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia dikutip dari rilis yang diterima Gadgetdiva, Rabu (31/8).

Kebocoran privasi data pribadi dan keamanan data dapat terjadi saat melakukan pembayaran digital. Kini, mereka mencoba meminimalisir hal tersebut melalui fitur pada sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13 yang  diklaim menghadirkan keamanan dan privasi terbaik.

Terdapat 5 fitur keamanan data dan privasi OPPO yang dibawa oleh perangkat berbasis sitem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13. Berikut ulasannya.

5 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO

Privasi History Clipboard & Pikselasi Otomatis

Dengan adanya fitur ini, sistem ColorOS secara otomatis dapat menghapus riwayat cilpboard setelah beberapa saat. Hal tersebut dilakukan guna cegah kebocoran informasi yang disebabkan oleh malware.

Sedangkan, fitur pikelasi otomatis ini dibesut menggunakan algoritma kecerdasan buatan. Fitur ini dapat dengan cerdas mengenali dan mengaburkan foto profil, serta nama pada tangkapan layar obrolan secara mudah dengan satu ketukan.

 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO

Nearby Wi-Fi

Fitur Nearby Wi-Fi tersebut membuat pengguna dapat menikmati Wi-Fi tanpa mengungkapkan informasi tertentu. Informasi dan lokasi pengguna tidak dapat dilihat oleh pengguna lain saat perangkat terhubung dengan koneksi Wi-Fi di tempat umum.

Payment Protection

Payment Protection akan menjaga keamanan pengguna ketika sedang melakukan transaksi dan pembayaran secara online di berbagai situs dan saat pengguna mengakses aplikasi yang melibatkan keuangan. Dilengkapi dengan Secure Keyboard, fitur ini dapat mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan oleh keylogger maupun malware dan mencegah pengiriman data yang diinput ke jaringan internet.

Fitur Payment Protection sendiri nantinya akan otomatis aktif. Terutama ketika pengguna membuka aplikasi keunagan, ditandai dengan ikon huruf S pada status bar sebagai tanda aplikasi telah dilindungi.

 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO

Brankas Pribadi

Brankas Pribadi telah dienkripsi dengan Standar Enkripsi Lanjutan (AES). Guna memberi tingkat kemanan yang lebih tinggi.

Pengguna dapat menyembunyikan dokumen atau informasi sensitif pada halaman Private Safe yang hanya dapat diakses dengan perlindungan melalui Password, Pattern, PIN atau sidik jari yang telah dibuat pengguna.

Hal tersebut dilakukan supaya membantu pengguna dalam menyembunyikan foto, video maupun dokumen yang bersifat pribadi. Sehingga, tidak dapat diakses oleh orang lain karena tak dapat dilihat secara langssung melalui aplikasi Photos maupun File Manager.

 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO

Standar Privasi dan Keamanan Terbaik

Sistem operasi ColorOS memberi perlindungan privasi dan keselamatan optimal. Dimana dapat dipercaya pengguna berdasarkan standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy, TRUSTe, ISO27701 dan ISO27001.

Daftar smartphone OPPO yang dapat gunakan fitur keamanan data dan privasi OPPO terbaru

5 fitur keamanan data dan privasi OPPO ini dapat dinikmati oleh perangkat OPPO berbasis ColorOS 12. Yakni, OPPO Reno8.

Sedangkan, perangkat dengan Android 13 melalui ColorOS 13 Beta juga akan turut menikmati beragam fitur tersebut. Beberapa perangkat seperti Find X5 Pro sudah dapat menikmati fitur keamanan ini sejak pertengahan Agustus.

 Fitur Keamanan Data dan Privasi OPPO

Sementara, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September, disusul dengan OPPO Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup OPPO Reno8 Z 5G dan OPPO Reno8 pada bulan Desember 2022. OPPO berkomitmen untuk meningkatkan keamanan perangkatnya dengan peningkatan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini