Kisah Ratu Elizabeth Membawa Inggris Beradaptasi dengan Teknologi

0
RIP Ratu Elizabeth
Ratu Elizabeth II

Gadgetdiva.id — Ratu Elizabeth meninggal dunia hari ini, Jumat, 9 September 2022. Dia merupakan ratu yang membawa Inggris bisa beradaptasi dengan perubahan dan teknologi. Wajar saja, karena dia telah menduduki tahta selama 70 tahun lamanya.

Bisa dibilang, dia merupakan ratu yang sangat erat dengan kemajuan zaman. Teknologi pertama yang muncul saat dia dinobatkan menjadi ratu adalah televisi. Penobatannya pada 1953 disiarkan di televisi. Bahkan saat internet pertama kali muncul, dia diklaim sebagai penggguna awal, meskipun kabarnya, email miliknya tak pernah diketik sendiri melainkan didiktekan ke asistennya.

Ratu Elizabeth sejatinya tidak harus menjadi raja. Namun Raja Edward VIII turun tahta pada 1936 dan ayahnya, Raja George VI meninggal dunia. Di usia 20, Ratu Elizabeth sudah memimpin, tepatnya di tahun 1952.

rip ratu elizabeth
Ratu Elizabeth II mengirimkan email pertama kali pada 1976.

Meskipun tidak terlalu lama mengembang pendidikan formal, Ratu tetap mendapakan edukasi, termasuk tentang teknologi. Dilansir melalui The Register, Jumat, 9 September 2022, Ratu menjadi salah satu kepala negara yang pertama kali menggunakan email, tepatnya pada 26 Maret 1976.

Almarhum Peter Kirstein memelopori adopsi TCP/IP di Inggris dan Yang Mulia diundang ke Royal Signals and Radar Establishment untuk melihat pengenalan pertama jaringan ARPANET ke Inggris.

Kala itu, Ratu diberi nama email berupa HME2 (Yang Mulia, Elizabeth II) oleh Kirstein. Ratu pun masuk ke dalam sistem dan mengirim email dengan signature ‘Elizabeth R’. Namun kala itu, kata Kirstein, teks dalam email telah ditulis sebelumnya, sekaligus subjek email. Meski demikian, hal itu tetap dianggap sebagai langkah bersejarah.

“Pesan ini kepada semua pengguna ARPANET mengumumkan ketersediaan ARPANET dari kompiler Coral 66 yang disediakan oleh komputer GEC 4080 di Royal Signals and Radar Establishment, Malvern, Inggris,” tulis email tersebut.

rip ratu elizabeth
Ratu Elizabeth II mengirimkan cuitan pertama kali dari akun resmi Twitter miliknya pada 2014.

Coral 66 adalah bahasa tingkat tinggi real-time standar yang diadopsi oleh Kementerian Pertahanan.

Sayangnya, sejak saat itu, Ratu enggan menggunakan komunikasi online untuk mengirimkan pesan resmi. Hal ini karena dirinya sudah terbiasa turun temurun menggunakan pesan manual. Namun pada 24 Oktober 2014, dia mengirimkan cuitan pertamanya di Twitter. Lalu pada 2019, dia bergabung membuka akun Instagram.

Dia juga dikabarkan sebagai ratu yang antusias menggunakan tablet ketimbang smartphone. Dia diperkenalkan pada tablet oleh cucunya, William dan Harry.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini