Google Translate bisa terjemahkan teks melalui kamera ponsel

0

Diva says – Salah satu fitur menarik di Aplikasi seluler google translate yang baru diluncurkan yaitu  terjemahan kamera instan yang memungkinkan pengguna melihat dunia dalam berbagai bahasa hanya dengan mengarahkan lensa kamera ponsel ke arah objek foto berupa teks berbahasa asing.

Mirip dengan fitur “real-time translation” yang baru saja diluncurkan di Google Lens, ini adalah suatu cara intuitif untuk memahami lingkungan sekitar pengguna. Tentunya fitur ini sangat membantu saat bepergian ke luar negeri, meskipun ponsel kamu tidak terhubung dengan data seluler ataupun Wi-Fi.

Berikut keunggulan dari fitur aplikasi seluler Google Translate,

Terjemahkan dari 88 bahasa ke dalam lebih dari 100 bahasa

Terjemahan kamera instan ini menambahkan dukungan untuk 60 bahasa lainnya, seperti Bahasa Arab, India, Melayu, Thailand, dan Vietnam. Bukan hanya itu, daftar lengkap semua 88 bahasa yang didukung juga sudah termasuk Bahasa Jawa, Sunda dan Indonesia.

Kalau sebelumnya pengguna hanya bisa menerjemahkan antara Bahasa Inggris ke bahasa lainnya, sekarang kalian dapat menerjemahkan ke lebih dari 100 bahasa di Google Translate. Ini berarti kamu dapat menerjemahkan sebagai contoh dari Bahasa Arab ke Bahasa Perancis atau Bahasa Jepang ke Bahasa Mandarin.

Secara otomatis mendeteksi bahasa

Fitur baru ini memungkinkan kamu dapat memilih “Detect Language” sebagai bahasa sumber dan aplikasi Google Translate akan secara otomatis mendeteksi bahasa tersebut dan menerjemahkannya. Misal kamu bepergian ke Amerika Selatan, di mana Bahasa Portugis dan Spanyol yang digunakan, nah Google Translate dapat menentukan bahasa apa yang masuk, lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa yang kamu pilih.

Terjemahan yang lebih baik didukung oleh Neural Machine Translation (NMT)

Untuk pertama kalinya, teknologi Neural Machine Translation (NMT) dibuat menjadi terjemahan kamera instan. Hal ini menghasilkan terjemahan yang lebih akurat dan alami, mengurangi kesalahan 55 – 58% pada bahasa tertentu. Sebagian besar bahasa dapat diunduh ke perangkat pengguna, sehingga kamu dapat menggunakan fitur ini tanpa koneksi internet. Namun, ketika perangkat pengguna terhubung ke internet, fitur akan menggunakan koneksi tersebut untuk menghasilkan terjemahan dengan kualitas yang lebih baik.

Tampilan baru

Tidak kalah pentingnya, fitur ini memiliki tampilan baru dan lebih intuitif untuk digunakan. Sebelumnya, pengguna mungkin memperhatikan teks yang diterjemahkan akan berkedip ketika dilihat di ponsel sehingga sulit dibaca. Nah, aplikasi ini akan membuat teks lebih stabil dan mudah dipahami.

Tampilan baru memiliki tiga fitur terjemahan kamera yang terdapat di bagian bawah aplikasi Google Translate: “Instan” menerjemahkan teks asing ketika pengguna mengarahkan kamera ke objek. Pada fitur ini pengguna akan menemukan “Scan” kemudian mengambil foto dan sorot teks yang ingin di terjemahkan. Kemudian klik “Impor” yang memungkinkan kamu dapat menerjemahkan teks dari foto pada rol kamera.

Untuk mencoba fitur terjemahan kamera instan, jangan lupa unduh aplikasi Google Translate, ya!


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan