Meta Bakal PHK Lebih dari 11.000 Karyawan, Ini Kata Mark Zuckerberg

0
CEO Mark Zuckerberg

Gadgetdiva.id — Meta umumkan bakal melakukan PHK kepada lebih dari 11.000 karyawan. Berita ini disampaikan langsung oleh CEO dan Co-Founder Mark Zuckerberg, Rabu (9/11).

Dalam senbuah postingan Blog pada situs Meta, Mark Zuckerberg menyatakan bahwa perusahaan miliknya tersebut akan mulai memberlakukan PHK kepada lebih dari 11.000 karyawannya. Dengan mengurangi ukuran timnya menjadi sekitar 13%.

Baca juga: Metaverse Bikin Kantong Meta Tekor di Q3 2022

Alasan Meta PHK lebih dari 11.000 karyawan

Mark menambahkan bahwa pihaknya juga mengambil sejumlah langkah tambahan untuk menjadi perusahaan yang lebih ramping dan efisien dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu. Seklaigus, memperpanjang pembekuan perekrutan perusahaan hingga kuartal pertama.

“Saya tahu keputusan ini sulit untuk semua orang dan saya sangat meminta maaf kepada mereka yang terkena dampak,” kata Mark Zuckerberg dalam pernyataan resmi di postingan Blog Meta, Rabu 9 November 2022.

Meta sendiri kini memiliki total karyawan sekitar 87.000 yang tersebar di seluruh dunia. Menurut Mark, setiap karyawan yang berbasis di Amerika Serikat akan menerima uang pesangon 16 minggu, ditambah dua minggu tambahan untuk setiap tahun masa kerja. Ambil contoh, seseroang yang telah bekerja di Meta selama empat tahun akan efektif mendapat gaji enam bulan.

Meta
Foto: Gadgetdiva.id

Selain itu, Meta menyatakan bahwa pekerja juga akan dibayar untuk semua sisa waktu istirahat yang tidak digunakan dan menerima kompensasi berbasis saham yang diberikan hingga 15 November. Selain itu, asuransi kesehatan untuk karyawan dan keluarganya akan ditawarkan selama enam bulan.

Melemahnya performa perusahan dan memburuknya ekonomi menjadi salah satu faktor dari PHK karyawan ini dilakukan oleh Meta. Kapitalisasi pasar Meta sendiri telah anjlok selama setahun belakangan ini. Dimana menjadi USD250 miliar per 9 November ini. Merupakan angka yang terkahir dialami perusahaan pada tahun 2015 saat masih naik daun.

Ada pun beberapa perusahaan lain yang juga telah melakukan PHK kepada karyawannya selain Meta. Di antaranya ialah Snap yang memberhentikan sekitar 1.300 karyawan, Microsoft sekitar 1.000 karyawan dan Twitter yang baru-baru ini dikabarkan akan melakukan PHK ke kurang lebih sekitar 3.700 karyawan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini