Layanan Telekomunikasi Down Akibat Gempa M 5,6 Cianjur

0
Gempa Cianjur
Foto: XL Axiata

Gadgetdiva.id — Layanan telekomunikasi dikabarkan down akibat gempa sebesar 5,6 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat. Gangguan tersebut dialami oleh operator Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smartfren dan Telkom Indonesia.

Melalui Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, dilaporkan bahwa gempa tersebut mengakibatkan kondisi jaringan bermasalah. Sejumlah infrastruktur mati karena aliran listrik yang terputus.

Dia melaporkan bahwa terdapat 73 BTS Telkomsel down dari total 245 site (29.8%). Ini diakibatkan dampak dari gempa Cianjur pada pukul 13.21 WIB pada tanggal 21 November 2022.

Gempa M 5 6 Cianjur

Gempa M 5,6 Cianjur

“Dampak akibat dari gempa di wilayah Kabupaten Cianjur pada pukul 13.21 WIB pada tanggal 21 November 2022, terdapat 73 BTS Telkomsel down dari total 245 site (29.8%),” ungkap Usman dalam keterangan resmi yang diterima Gadgetdiva, Senin (21/11).

Untuk mitigasi, Telkomsel menyediakan supply cadangan seperti MBP (Mobile Backup Power) dan Genset Portable. Perusahaan masih terus berupaya keras dalam pemulihan bagian sejumah BTS yang terdampak bencana Gempa.

Sementara itu, dilaporkan 79 site Indosat down akibat listrik PLN yang juga mati. Oleh karena itu, TIM IOH terus melakukan monitoring terhadap wilayah yang terdampak.

XL Axiata juga dikabarkan down akibat PLN sebanyak 63 sites. Sedangkan, dilaporkan sekitar 130 BTS 4G dan 130 BTS 2G mengalami down. Namun, jaringannya masih cukup aman untuk digunakan.

Sedangkan, Telkom Group secara umum kondisi jaringan backbone Telkom dalam kondisi aman.

Gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21WIB. Gempa tersebut mengguncang sebesar magnitudo 5,6. Guncangan ini terasa kuat hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini