News

Medali Olimpiade Tokyo 2020 dari perangkat daur ulang?

post-img

Source : gadgetDiva

Diva says- Ajang pertandingan olahraga terbesar di dunia ini memiliki medali unik yang akan disajikan pada Olimpiade Tokyo 2020 yang berisi logam dari daur ulang, termasuk Laptop, kamera digital dan perangkat telephone genggam, lho.

Facebook tingkatkan karyawan perempuan dan minoritas

Peluncuran medali ini dilakukan pada seremoni untuk merayakan momen satu tahun jelang Olimpiade yang dihadiri oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional, yaitu Thomas Bach, serta Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Dirancang oleh Junichi Kawanishi, masing-masing dari 5.000 medali mengandung logam yang diekstraksi dari elektronik konsumen yang diserahkan oleh masyarakat Jepang selama dua tahun terakhir.

Panitia penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 mengatakan, total 78.985 ton perangkat lama telah dikumpulkan dari seluruh negara tuan rumah, termasuk lebih dari 6,21 juta ponsel bekas.

Dilansir dari laman Mirror, kamera digital, perangkat telephone gengam dan Laptop juga dikumpulkan, untuk dibongkar dan dileburkan sebagai bagian dari skema. Lebih dari 90% otoritas lokal di Jepang mengambil bagian dalam program ini. Penyelenggara mengatakan target 30,3 kg emas, 4.100 kg perak, dan 2.700 kg perunggu tercapai pada saat koleksi Gadget ditutup pada akhir maret.

Uniknya lagi, tempat medali ini bahkan terbuat dari kayu pilihan dengan ukiran khas Jepang yang menggunakan teknik pelapisan ala kimono, lho!

Medali ini juga akan menggambarkan sosok Nike, dewi kemenangan Yunani. Kabarnya untuk mendapatkan desain sempurna yang di rancang Junichi, bahkan harus diadakan seleksi dari 400 orang terlebih dahulu.

Ada juga rencana untuk mendaur ulang limbah plastik rumah tangga dan limbah plastik laut untuk digunakan dalam pembuatan podium untuk upacara medali. Teknologi NeoFace yang dikembangkan oleh NEC yang akan disesuaikan untuk memonitorkan setiap orang yang terakreditasi termasuk atlet, ofisial, dan staf.

Berita ini muncul tidak lama setelah pejabat Tokyo mengungkapkan bahwa sistem pengenalan wajah yang akan digunakan di seluruh Olimpiade untuk menjaga keamanan ketat dan bisa menjadi lebih efisien di banyak tempat selama Olimpiade 2020 berlangsung.

“Saya tidak pernah menyangka desain yang saya kirimkan bisa menjadi karya terpilih. Saya harap medali ini bisa menunjukan kinerja keras para atlet, mencerminkan kejayaan, dan melambangkan persahabatan,” ujar Junichi Kawanishi, pemenang desain medali terpilih.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Teknologi kecantikan terbaik yang wajib kamu punya!
News

Teknologi kecantikan terbaik yang wajib kamu punya!

Diva says – Hai girls, kali ini gadgetdiva akan membahas tentang teknologi kecantikan terbaik s..

Facebook tingkatkan karyawan perempuan dan minoritas
News

Facebook tingkatkan karyawan perempuan dan minoritas

Diva says – Layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika..

Murse Bag jadi Trend Aksesoris baru untuk para cowok
News

Murse Bag jadi Trend Aksesoris baru untuk para cowok

Diva says – Di zaman sekarang mode fashion tidak hanya ditujukan oleh para wanita, nih girls, ..

Begini cara Google Maps menandai parkiran mobil kamu
News

Begini cara Google Maps menandai parkiran mobil kamu

Diva says – Dengan semakin banyaknya mobil yang digunakan akan semakin sulit menemukan temp..


;