Heboh Situs Presiden Tak Bisa Diakses, Belum Bayar Domain?

0
Situs Presiden

Gadgetdiva.id — Situs Presiden RI dengan nama domain presiden.go.id tak dapat diakses pada Rabu (23/11) malam. Disinyalir hal tersebut terjadi bukan karena diretas, melainkan pengelola situs belum membayar domain.

“Maaf, situs yang anda coba akses saat ini tidak tersedia karena sedang dalam proses penyelesaian pembayaran sewa nama domain,” tulis situs presiden tersebut saat dibuka.

Laman tersebut bahkan menghimbau para pembuka situs presiden untuk mengingatkan pengelola situs untuk menyelesaikan pembayaran mereka. Lengkap dengan kontak yang dapat dihubungi.

Sementara itu, situs kenegaraan lainnya masih dapat diakses. Seperti presidenri.go.id dan wapresri.go.id.

Situs Presiden tak dapat diakses

Terkait akses situs presiden yang tak dapat dibuka ini, Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC Pratama Persadha angkat bicara. Dia menyayangkan hal ini terjadi.

Tentu ini bukan perkara harga domain yang seharusnya juga tidak seberapa. Ini murni masalah awarness dan ini masalah serius karena ini aset digital RI 1,” pungkas Pratama dalam pernyataan resminya pada Kamis (24/11). 

Situs presiden

Menurut dia, situs presiden yang resmi ini seharusnya ada yang memantau, mengecek dan melakukan perawatan hingga melakukan postingan. Pratama turut menegaskan tentu tanggung jawab ada di pihak admin, biar istana yang menjelaskan dengan lebih rinci.

“Namun dari kejadian ini menjelaskan ke publik bagaimanan masalah siber, baik dari sisi keamanan dan maintenance masih jauh dari ideal. Apalagi ini situs kepresidenan, jangan-jangan jarang sekali dilakukan pengecekan berkala, sampai-sampai admin tidak tahu domainnya sudah expired atau kadaluwarsa,” imbuhnya. 

Lebih lanjut, Pratama turut memberi solusi agar kejadian seperti ini tak perlu lagi terjadi. Dia menyatakan sekretariat dan tim kepresidenan perlu melakukan inventarisasi aset digital apa saja yang dimiliki Presiden dan Wakil Presiden.

Aset digital harus menjadi perhatian dan prioritas tim kepresidenan dan sekretariat negara. Bila ada tindakan ilegal atau ada peretasan terhadap aset digital Presiden dan Wakil Presiden, jelas akan menimbulkan polemik kegaduhan di masyarakat,” ungkapnya. 

Menurut pantauan Gadgetdiva saat ini, jika kita membuka situs presiden.go.id, kita akan langsung diarahkan pada laman presidenri.go.id. Semoga masalah ini cepat terselesaikan.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini