Klarifikasi Kominfo Terkait Nama Domain Resmi Situs Presiden

0
Situs presiden

Gadgetdiva.id — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menegaskan bahwa domain resmi dari situs presiden ialah presidenri.go.id. Domain presiden.go.id sudah tak lagi digunakan sejak 2015.

“Nama domain presiden.go.id bukan merupakan domain situs resmi Presiden RI saat ini,” tulis Kominfo dalam situs resminya pada Selasa, 22 November 2022.

Nama domain presiden.go.id sendiri memang penrah diajukan untuk dibuka pada 29 April 2015. Hanya saja, telah kadaluwarsa terhitung sejak 29 April 2016 karena tak penrah digunakan.

“Karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka nama domain tersebut telah ditangguhkan sejak 7 September 2021,” imbuh situs Kominfo lagi.

Dengan demikian, penangguhan atas nama domain presiden.go.id bukanlah hal yang baru. Kominfo sendiri telah menghapus nama domain presiden.go.id agar tidak menimbulkan kebingugan di tengah masyarakat.

Situs Presiden tak dapat diakses

Sebelumnya, situs Presiden RI dengan nama domain presiden.go.id dilaporkan tak dapat diakses pada Rabu (23/11) malam. Hal tersebut sempat menghebohkan netizen.

Disinyalir hal tersebut terjadi bukan karena diretas, melainkan pengelola situs belum membayar domain. Saat dibuka, laman dengan alamat presiden.go.id hanya menampilkan pengumuman dengan latar belakang warna putih dan abu-abu.

Baca juga: Situs Presiden Tak Bisa Diakses, Belum Bayar Domain?

Situs Presiden

Laman tersebut bahkan menghimbau para pembuka situs presiden untuk mengingatkan pengelola situs untuk menyelesaikan pembayaran mereka. Lengkap dengan kontak yang dapat dihubungi.

“MOHON KEMBALI DI LAIN WAKTU. Maaf, situs yang anda coba akses saat ini tidak tersedia karena sedang dalam proses penyelesaian pembayaran sewa nama domain,” tulis situs presiden tersebut saat dibuka.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini