Waspada! Hindari Kata Sandi Paling Umum Ini untuk Akunmu

0
Password

Gadgetdiva.id — Hingga penghujung tahun 2022, pengguna internet masih menggunakan kata sandi yang mudah ditebak. NordPass mengungkap penelitian terkait hal tersebut.

Sebuah penelitian yang dilansir oleh Standard.co.uk,  telah mengungkap bahwa kata sandi yang paling umum digunakan tahun ini adalah “password”. Menariknya lagi, kata sandi ini digunakan oleh sekitar 4,93 juta pengguna internet.

Di tempat kedua diduduki oleh kata sandi “123456” yang digunakan oleh lebih dari 1,52 juta orang. Selanjutnya, diikuti oleh “123456789” di tempat ketiga dengan jumlah pengguna lebih dari 413.000 pengguna.

Kata Sandi Paling Banyak Digunakan

Sebanyak 200 kata sandi populer telah disusun dalam daftar baru oleh pakar keamanan siber independen dari NordPass, sebuah pengeola kata sandi dari pembuat jaringan virtual NordVPN. Mereka sendiri telah mencetak tiga terabyete data setara dengan informasi senilai 48 smartphone — dari 30 negara sebagai bagian dari penelitian mereka.

Entri lainnya termasuk “guest” menduduki peringkat ke empat, diikuti oleh “qwerty’ di peringkat ke lima. Serta, terbanyak dari 10 besar lainnya adalah “111111”.

Temuan ini mengilustrasikan bahwa para pengguna internet sangat malas dalam membuat kata sandi. Atau hanya lelah mengingat kata sandi karena kode yang sulit mereka lihat.

kata sandi
Foto: NordPass

Di Inggris sendiri kata sandi yang berbunyi “liverpool” dan “arsenal” masing-masing berhasil menduduki posisi keempat dan keenam paling banyak digunakan pengguna. Hal tersebut didorong oleh penggemar bola yang bersemangat.

Sedangkan, mereka yang gemar makan lebih sering menggunakan kata sandi “chocolate” yang menduduki peringkat ke delapan belas. Serta, “cheese” yang menduduki peringkat ke dua puluh tiga.

Sebanyak 332 pengguna memilih umpatan untuk kata sandi mereka itu. Mungkin karena marah setelah dipaksa untuk mengatur ulang kata sandi mereka ke sekian kalinya.

kata sandi

Tentu saja, ada babyak cara untuk emngatur dan melacak kata sandi kita sendiri. Seperti yang dicatat oleh NordPass, kamu harus memilih satu dengan setidaknya 12 karakter dengan berbagai huruf besar dan kecil, angka dan simbol.

Selain itu, kamu juga harus menghindari penggunaan kata sandi yang sama di beberapa situs karena hal tersbeut hanya akan memudahkan peretas dalam mengakses akunmu. Manager password juga dapat membantu kamu untuk menyimpan kode tersebut sehingga kamu tdiak perlu mengingatnya.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan