News

Apple Geser Produksi iPhone di Luar China

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Apple dikabarkan berencana segera mempercepat rencana pergeseran produksi iPhone di luar China. Keinginan perusahaan ini disebut dapat memengaruhi harga dan saham iPhone.

Melansir dari Gizmochina, menurut artikel The Wall Street Journal, Apple menulis bahwa kini sasaran mereka tertuju pada negara-negara Asia lainnya. Diduga perusahaan ingin mengalihkan produksi iPhone mereka ke India dan Vietnam.

Apple Dominasi Pasar Smartphone di China

Laporan tersebut menyatakan bahwa eksekutif Apple telah lama mengetahui risiko dumping produksi ke China. Namun, tidak melakukan apapun untuk menentangnya.

Tercatat bahwa China memberi Apple tenaga kerja terdidik dan pekerja keras. Serta, politik dan pasar yang luas untuk produk-produknya.

AppleiPhone XR

Rencana tersebut menyebutkan pengurangan ketergantungan pada perusahaan Foxconn Technology Group. Dimana menjadi produsen dari model iPhone Pro terbesar.

Analis Daniel Ives menyatakan bahwa apa yang terjadi di pabrik Foxconn di China merupakan pukulan terakhir bagi Apple.

Sedangkan, Analis Ming-Chi Kuo menyatakan bahwa Apple berencana untuk memproduksi 40 hingga 45 persen iPhone di India. Angka ini naik dari level saat ini dalam satu digit.

Sementara itu, Vietnam diperkirakan akan memproduksi lebih banyak produk lain. Seperti AirPods, Apple Watch dan Macbook.

Para Pekerja Demo Pabrik iPhone di China

Beberapa waktu lalu, Foxconn dilanda protes yang dilakukan oleh massa pekerja. Hal tersebut dikarenakan para pekerja tidak terima dengan aturan karantina COVID-19 yang dibuat oleh pabrik tersebut.

Dimana memaksa para pekerja maupun staff pabrik untuk bekerja dan tinggal di tempat. Terisolasi dari dunia luar.

Terdapat sebuah video yang menunjukkan ratusan pekerja berbaris dan menghadapi seorang manajer, bersama dengan tindak kekerasan yang dilakukan.

Apple

Ribuan pekerja mungkin telah meninggalkan pabrik tersebut dan menurut karyawan lain, hal ini dilakukan untuk memaksa Foxconn menawarkan bonus dan gaji yang lebih tinggi agar mereka mau bertahan.

Bulan lalu, Foxconn secara drastis mengurangi produksi iPhone karena masalah wabah COVID-19 yang kembali melonjak dan memaksa Apple mengumumkan bahwa pengiriman iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan ditunda. Pabrik perusahaan yang terletak di Zhengzhou, China adalah pabrik iPhone terbesar di dunia dengan 200.000 pekerja. Mereka bertanggung jawab atas 70 persen produksi perangkat yang dilakukan dalam pabrik tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Langganan 5G Diperkirakan Tembus 1 Miliar Tahun Ini
News

Langganan 5G Diperkirakan Tembus 1 Miliar Tahun Ini

Gadgetdiva.id — Sebuah riset dari Ericsson memperkirakan bahwa langganan 5G pada smartphon..

Apple Dominasi Pasar Smartphone di China
News

Apple Dominasi Pasar Smartphone di China

Gadgetdiva.id — Apple dilaporkan menduduki pasar smartphone di China. Terutama dalam segme..

Mengenal Film Pelé Birth of Legend
News

Mengenal Film Pelé Birth of Legend

Sehubungan dengan Piala Dunia FIFA World Cup Qatar 2022, kali ini CubMu menghadirkan kisah dari p..

XL Axiata Perkuat Jaringan di Sumatera Barat
News

XL Axiata Perkuat Jaringan di Sumatera Barat

Gadgetdiva.id – XL Axiata siap mendukung kebangkitan ekonomi digital di Sumatera Barat. Jar..


;