9 Fitur layanan virtual Google Assistant ini wajib kamu coba!

0

Diva says – Google Assistant merupakan layanan asisten pribadi virtual buatan Google yang bisa digunakan di smartphone dan perangkat Google Home.

Layanan ini berbekal teknologi Artificial Intelligence (AR) alias kecerdasan buatan yang disebut-sebut  menjadi salah satu layanan asisten virtual paling canggih yang mampu memberikan pengalaman seru dalam mendukung aktivitas penggunanya.

Nah, Google Assistant ini bisa kamu gunakan untuk apa saja, sih? Simak dibawah ini, ya!

Temukan arah tujuan (Cek info lalu lintas)

Gambaran pada luasnya informasi pencarian Google, aman untuk mengatakan Google Assistant memiliki banyak kegunaan potensial, termasuk kemampuan untuk menemukan rute terbaik ke lokasi tertentu.

Kamu bisa mengatakan “Get me Home” dan Google Assistant akan menarik informasi melalui Google Maps untuk menunjukkan pengguna rute terbaik berdasarkan titik lokasi pengguna berada. Fitur pada Google Assistant ini sangat berguna ketika kamu menggunakannya untuk berpergian.

Buat daftar belanja

Tidak perlu lagi mencatat menggunakan kertas atau mengetiknya di draft, karena pengguna hanya perlu mengatakan “Add item to my shopping list“. Google Assistant akan menyusun semua item di satu wadah, tetapi juga tidak ada salahnya untuk memastikan daftar list belanjan di draft kamu, ya!

Dengarkan berita terbaru

Jika kamu menggunakan Google Assistant untuk membaca berita, cukup ucapkan “Play the news” dan kamu sudah bisa membaca berita pilihan. Bukan hanya itu, kamu juga bisa meminta Google Assistant untuk berhenti atau bahkan pengguna bisa memintanya untuk membacakan berita dari sumbernya atau situs media.

Kontrol perangkat pintar di rumah

Ketika kamu mulai meningkatkan perabotan pintar dirumah, baik itu oven yang bisa panas dengan sendirinya, bola lampu, dan perlengkapan pintar lainnya. Kamu bisa mengandalkan Google Assistant untuk menghubungkan perlengkapan pintar dirumah dengan cukup aktifkan suara kamu, maka perlengkapan pintar lainnya akan terhubung.

Tekan ikon menu di sudut kanan atas layar dan pilih pengaturan. Disitu kamu bisa menambahkan perangkat pintar uang kompatibel yang saat itu aktif dirumah.

Konversi uang, oengukuran, dan lainnya

Google Assistant dapat melakukan hampir semua perhitungan konversi, dan akan membacakan jawabannya. Hal yang sama berlaku juga untuk translate atau terjemahan.

Layar panggilan pada ponsel

Google Pixel 3 atau Pixel 3 XL memiliki layanan yang diaktifkan suara yang menyertakan fitur yang dapat menjawab panggilan tertentu atas nama penggunanya. Ini merupakan salah satu dari sekian banyak cara Google mengembangkan layanan Google Assistant dengan fitur layar panggilan. Bukan hanya itu, fitur ini bahkan bisa merekam transkrip percakapan.

Hubungkan Film favorit di Netflix

Google Assistant dapat membantu menghubungkan ke film favorit kamu hanya dengan perintah suara seperti cukup katakan: Legend of the jungle on Netflix. Selama kamu mengatur Netflix pada perangkat Android, masuk ke aplikasi dan menghubungkannya, Google Assistant akan memasukkan pada daftar film tontonan dan memutarnya dalam hitungan detik.

Periksa Email

Ketika kamu menggunakan layanan Google Assistant, ada kemungkinan layanan lainnya akan terhubung, termasuk Gmail dan Google Drive. Nah, jika kamu menggunakan Gmail sebagai akun pekerjaan, kamu dapat meminta utilitas untuk memeriksa melalui email dengan kata kunci tertentu.

Kamu juga bisa mengandalkan Google Assistant untuk membuat catatan dengan menggunakan Google Keep. Fitur ini sangat berguna jika kamu perlu memeriksa email baru yang belum dibaca atau dibalas.

Perintah Aplikasi Hiburan 

Kamu bisa memerintah Google Assistant untuk menemukan video yang lucu atau yang sedang tren di YouTube. Fitur ini juga bisa menampilkan kata-kata penuh inspirasi ketika kamu memintanya untuk menampilkan kalimat motivasi.


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan