Ikuti Cara Clear Cache iPhone, Biar Nggak Lemot!

0
clear cache iPhone
Foto: Pexels/Picjumbocom

Gadgetdiva.id — Layaknya kulit wajahmu, iPhone juga butuh perawatan rutin. Salah satu caranya ialah dengan membersihkan cache alias clear cache iPhone setiap bulan.

Hasil browsing kita di Chrome, Safari maupun browser lainnya menyebabkan cache dalam iPhone kita menumpuk. Hal ini bisa menyebabkan kekacauan digital dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu, kita perlu melakukan clear cache pada iPhone. Dengan menghapus cache, setidaknya dapat mempercepat penelusuran yang kita lakukan, baik menggunakan iOS 15 atau iOS 16.

Clear cache iPhone

Ibaratkan saja cache browser pada iPhone kita ini seperti lemari penyimpanan digital. Seiring berjalannya waktu, iPhone akan menyimpan data situs web seperti foto dan spanduk di lemari itu sehingga dapat diambil kembali saat kamu mengunjungi suatu situs.

Sebagian besar waktu, ini dapat mempercepat penelusuran kamu. Namun, tidak lama kemudian, lemari ini akan mulai berantakan dan isinya mungkin tidak akan lagi sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Pada akhirnya, cache browser-mu menjadi usang dan data yang diambil tidak lagi cocok dengan data yang sebenarnya digunakan dalam situs web. Hasilnya? Kecepatan loading pada perangkatmu akan lebih lambat.

Melansir dari CNET, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk clear cache iPhone. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara clear cache iPhone melalui Safari

Safari adalah browser default di iPhone dan kamu dapat menghapus cache Safari dalam beberapa langkah singkat. Dimulai dengan iOS 11, mengikuti proses ini akan memengaruhi semua perangkat yang masuk ke akun iCloud-mu.

Clear cache iPhone
Foto: Pexels/Photomix

Hasilnya, semua cache perangkatmu akan dihapus dan kamu harus masuk ke semuanya saat menggunakannya lagi. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

  1. Buka aplikasi Settings di iPhone-mu.
  2. Pilih Safari dari daftar aplikasi.
  3. Buka Advanced > Website Data.
  4. Scroll ke bawah dan pilih Remove All Website Data.
  5. Pilih Remove Now dalam kotak pop-up yang muncul.

Cara clear cache iPhone melalui Chrome

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk clear cache iPhone-mu melalui browser Chrome. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Chrome.
  2. Pilih ikon tiga titik di kanan bawah untuk membuka lebih banyak opsi.
  3. Scroll ke atas dan pilih Settings.
  4. Pilih Privacy and Security pada menu beriktunya.
  5. Kemudian, pilih Clear Browsing Data untuk membuka satu menu terakhir.
  6. Pilih rentang waktu yang diinginkan pada bagian atas menu.
  7. Pastikan Cookie, Site Data yang dipilih bersama dengan Gambar dan File. Terakhir, tekan opsi Clear Browsing Data di bagian bawah layar.
Clear Cache iPhone
Foto: Unsplash/Omid Armin

Setelah mengetahui langkah-langkah clear cache pada iPhone-mu, pertanyaan selanjutnya adalah seberapa sering kita harus menghapus cache? Kebanyakan orang hanya perlu membersihkan cache mereka satu atau dua bulan sekali.

Pada umumnya, cara itu adalah titik ketika browser kamu akan membuat cache yang cukup bewsar untuk mulai memperlambat segalanya. Jika kamu sering mengunjungi banyak situs, kamu harus lebih sering membersihkan cache.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini