News

Populix Ungkap 96% Masyarakat Indonesia Pilih Berlibur di Dalam Negeri

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Populix kembali melakukan survei untuk melihat lebih lanjut seputar rencana masyarakat Indonesia dalam melakukan perjalanan liburan akhir tahun. Dirangkum dalam laporan berjudul “End of Year Vacation Plan Report 2022”, hasil survei menunjukkan bahwa 87% masyarakat Indonesia memiliki rencana berlibur pada akhir tahun.

“Survei Populix menunjukkan bahwa 69% responden menyatakan berencana untuk berlibur bersama keluarga dengan durasi perjalanan hingga lima hari. Bahkan, sebagian besar masyarakat telah mempersiapkan agenda berlibur mereka sejak enam bulan hingga satu minggu sebelum keberangkatan,” ujar Eileen Kamtawijoyo, Co-Founder dan COO Populix.

Toko Avatar dari Meta Kini Sudah Tersedia di Indonesia

“Tingginya minat masyarakat untuk berlibur pada akhir tahun ini tentunya diharapkan akan membantu mempercepat pemulihan sektor pariwisata yang selama dua tahun belakangan mengalami penurunan,” tambah Eileen.

Hampir tujuh dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Secara umum, mereka mulai merencanakan perjalanan tersebut sejak satu sampai enam bulan sebelumnya (45%), hingga satu sampai empat minggu sebelum keberangkatan (34%).

Populix

Untuk mendukung perencanaan tersebut, 70% masyarakat Indonesia mencari rekomendasi seputar objek wisata terkini dari keluarga/teman dan 69% masyarakat memanfaatkan kekuatan sosial media seperti Instagram (87%), YouTube (69%) dan TikTok (56%).

Sementara itu terkait durasi berlibur, 49% masyarakat berencana menghabiskan tiga hingga lima hari untuk perjalanan liburan akhir tahun mereka, dan 31% berencana menghabiskan kurang dari tiga hari untuk berlibur di akhir tahun ini.

Sebesar 96% masyarakat memilih untuk menikmati liburan di dalam negeri pada akhir tahun ini, dengan destinasi paling favorit meliputi Bali (20%), Yogyakarta (17%), Bandung (15%), dan Lombok (13%).

Sedangkan, di antara 4% masyarakat yang berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun mereka di luar negeri cenderung memilih Singapura (36%), Thailand (19%), dan Saudi Arabia (12%).

Survei Populix

Sebelum melakukan perjalanan, mayoritas masyarakat (83%) akan mempersiapkan uang tunai dan pakaian, terutama di kalangan Gen Z dan Millennial. Menariknya, Gen X cenderung lebih mempersiapkan makanan ringan dan aplikasi mobile banking untuk digunakan selama perjalanan.

Meskipun mayoritas masyarakat telah memiliki rencana untuk berlibur, 13% masyarakat memilih untuk tidak berlibur pada akhir tahun ini. Alasan terbesar yang menyebabkan masyarakat tidak akan melakukan perjalanan akhir tahun yaitu anggaran terbatas (61%).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Telkomsel Jaga Bumi Luncurkan Program Carbon Offset
News

Telkomsel Jaga Bumi Luncurkan Program Carbon Offset

Gadgetdiva.id – Berkomitmen untuk melanjutkan peran terdepan dalam mengurangi dampak negati..

Toko Avatar dari Meta Kini Sudah Tersedia di Indonesia
News

Toko Avatar dari Meta Kini Sudah Tersedia di Indonesia

Gadgetdiva.id – Untuk mendukung pengguna mengekspresikan diri dan mempersonalisasi identita..

Twitter Bubarkan Dewan Kepercayaan dan Penasihat Keamanan Setelah Tiga Anggota Keluar
News

Twitter Bubarkan Dewan Kepercayaan dan Penasihat Keamanan Setelah Tiga Anggota Keluar

Gadgetdiva.id — Twitter telah membubarkan Dewan Kepercayaan dan Keamanan melalui email kurang d..

Elon Musk Pastikan Centang Biru Akan Pangkas Lebih Banyak Iklan
News

Elon Musk Pastikan Centang Biru Akan Pangkas Lebih Banyak Iklan

Gadgetdiva.id — Pemiliki sekaligus CEO Twitter yang baru, Elon Musk pada hari senin memposting ..


;