News

Tombol “Oh, yeah?” Awal dari Pencegahan HOAX di Internet

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — 3 Desember 1997, sekitar dua puluh lima tahun yang lalu, Tim Berners-Lee yang merupakan penemu dari World Wide Web sedang memberikan pidato dalam pertemuan W3C di London. Pidato yang dibawakan membuatnya terkenal karena pembahasan tentang awal terciptanya web, pengembangan web, hingga rencana masa depan web.

Berners-Lee dalam pidatonya telah mengemukakan satu ide brilian yang dipikirkan selama setahun lebih. Dia menyarankan untuk semua browser atau aplikasi penjelajah internet untuk dilengkapi dengan tombol yang disebut “Oh, Yeah?”.

Hal ini dilakukan dalam rangka pencegahan informasi yang tidak relevan dan dapat mengakibatkan misinformasi atau yang sering disebut dengan hoax  kepada para penjelahan internet sehingga dapat menciptakan kewaspadaan dan meningkatkan kemurnian informasi.

Perlu diketahui bahwa tombol “Oh, Yeah?”, tidak bener-benar dapat memberikan verfikasi informasi atau menemukan kebenaran terkait informasi tersebut. Tombol tersebut memiliki fungsi lebih dalam kepada penjelajah internet dengan menyarakan informasi yang lebih baik.

Tombol “Oh, Yeah?” akan membantu para penjelajah internet mencari informasi dengan cara perkiraan yang masuk akal tentang apakah sesuatu yang di baca melalui web secara umum dianggap kredibel oleh kebanyakan orang.

Kehadiran tombol ini mewakili peringatan dini bahwa kita harus memiliki sudut pandang skeptis dengan dunia maya di masa mendatang. Hal tersebut juga merupakan pengakuan bahwa web, di masa depan, kemungkinan besar akan digunakan untuk hal-hal bodoh yang sifatnya dapat membohongi seperti hoax.

Namun, pada akhirnya, tombol “Oh, Yeah?” memiliki banyak kontroversi yang berdatangan. Tombol tersebut memang dapat memberikan keyakinan terhadapa informasi yang diperoleh melalui Internet, tetapi seiring perkembangan, tombol ini sudah tidak relevan dan terbilang “mengganggu” kenyamanan.

Era modern penjelajahan internet lebih senang untuk berseluncur secara bebas. Hal dapat terjadi karena perkembangan manusia yang juga sudah semakin paham untuk membedakan pemilihan informasi yang baik dan buruk di internet.

Hoax memang masih tersebar luas di internet, namun apabila tombol “Oh, Yeah?” masih diterapkan hingga saat ini, maka di percaya akan menganggu perkembangan internet itu sendiri karena telah memberikan sebuah batasan yang dapat menghambat.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Fikri Oktafian

Reporter

Lulusan sarjana Bahasa dan Kebudayaan Inggris Universitas Darma Persada. Gemar menonton film dan berolahraga. Memiliki pengalaman Content Writer. Live your life to the fullest.

Artikel Terkait

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan
News

Indosat Dorong Pemanfaatan AI untuk Pertumbuhan Ekonomi di Luar Metropolitan

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meluncurkan laporan khusus berjudul, “Empowering Indonesia Rep..

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes
News

Kemenkes Beber Hasil Uji Coba Starlink di 3 Fasyankes

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa uji coba Starlink berlangsung dengan baik. Layanan terse..

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?
News

Starlink Resmi di Indonesia, Berapa Harga Langganannya?

Pemerintah Indonesia dan Elon Musk meresmikan Starlink untuk beroperasi di Indonesia pada Minggu (19..

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas
News

Menkes dan Elon Musk Resmikan Starlink, Sediakan Akses Internet untuk Puskesmas

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Elon Musk resmi menghadirkan Starlink di Bali pada Minggu (19/5) kema..

Elon Musk Sudah Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink
News

Elon Musk Sudah Tiba di Bali untuk Resmikan Starlink

Elon Musk tiba di Bali untuk meresmikan layanan internet satelit Starlink, yang akan merevolusi akse..


;