Program SheDisrupts Indonesia Hadir Kembali di Gelombang Kedua

0
SheDisrupts

Gadgtediva.id – Masa depan kewirausahaan di Asia Tenggara adalah digital, berdampak, dan diberdayakan oleh perempuan, selayaknya laki-laki. Dengan visi ini dan setelah program pertama yang sukses di Indonesia, Vietnam, dan Filipina, SheDisrupts, program dukungan untuk perusahaan rintisan (startup) yang dipimpin perempuan kembali hadir di Indonesia untuk yang kedua kalinya.

Pengusaha perempuan menghadapi hambatan yang lebih besar dibandingkan laki-laki dalam meluncurkan dan mengembangkan startup mereka. Perempuan biasanya berhadapan dengan bias gender, keterbatasan waktu dan mobilitas karena peran keluarga tradisional dan kurangnya keterampilan, serta kurangnya akses ke jaringan bisnis. Mereka yang mampu mengatasi rintangan ini masih harus menghadapi kekurangan dana dan dukungan yang sesuai untuk bisnis mereka yang masih awal.

Startup yang dipimpin perempuan hanya menerima sebagian kecil dari dana modal ventura yang tersedia, dan biasanya kurang dari 1 dari 5 peserta akselerator dan inkubator adalah perempuan, dengan sebagian besar program tersebut tidak memenuhi kebutuhan khusus mereka sebagai perempuan. Sebagai salah satu program terbesar di Indonesia yang didedikasikan untuk mendukung startup yang dipimpin perempuan, SheDisrupts mengatasi kesenjangan tersebut.

“Dengan pendanaan modal ventura di Asia Tenggara yang kurang dari 5% disalurkan ke startup yang dipimpin perempuan, dan sebagai salah satu investor berdampak yang aktif di Indonesia, Moonshot Ventures berfokus untuk mengatasi masalah ini dan berkomitment untuk mendukung pengusaha perempuan Indonesia,” ungkap Dinda Hervi, Venture Partner dari Moonshot Ventures.

“SheDisrupts unik karena dirancang berdasarkan kebutuhan khusus pengusaha perempuan, dalam menyatukan fitur terbaik dari program startup global teratas, dan dalam mewakili koalisi mitra lintas sektor yang bekerja sama untuk mendukung pengusaha perempuan dan penggerak perubahan di Indonesia,” komentar Tom Schmittzehe, Managing Partner di Moonshot Ventures.

Program ini dimungkinkan oleh kemitraan organisasi lintas sektor baik publik, swasta, maupun organisasi nirlaba, yang memiliki komitmen untuk mempromosikan pengusaha perempuan.

Dipelopori oleh Creatella Impact dan Moonshot Ventures, dua investor regional yang fokus akan dampak, SheDisrupts Indonesia 2023 didukung oleh para pengusung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan baik global maupun regional termasuk UNDP, UN Women, dan Sasakawa Peace Foundation.

Program ini juga diikuti oleh investor terkemuka dan perusahaan teknologi dari seluruh dunia, termasuk Techstars, AWS, Stripe, Hubspot, Google, dan Oracle – serta investor dan startup regional terkemuka seperti Monk’s Hill Ventures dan Xendit.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini