Apple Izinkan Unduh Aplikasi Melalui Pihak Ketiga Selain App Store di iOS

0

Gadgetdiva.id — Apple diketahui tengah bersiap untuk memberikan izin toko aplikasi selain App Store di iOS dalam upaya memenuhi peraturan Uni Eropa yang akan datang. Jika perubahan resmi dilakukan, vendor ternama dari pihak ketiga seperti Amazon, Epic Games, dan lainnya dapat segera hadir di iPhone maupun iPad.

Hal ini terjadi akibat dari Undang-Undang pasar digital yang disusun oleh Legislator Uni Eropa pada tahun lalu dengan harapan dapat menegakkan netralitas perangkat, membuka batasan preferensi dan mendorong persaingan.

Apple dalam sejarahnya hanya mengizinkan aplikasi yang ingin diunduh melalui App Store miliknya sendiri, dan berkomitmen untuk tidak menghadirkan unduhan aplikasi dari pihak ketiga.

Terdapat pendapat lain tentang Apple yang melakukan monopoli unduhan aplikasi di iOS dengan menghalangi pembelian aplikasi pihak ketiga dan mengambil hingga 30 persen dari setiap penjualan App Store. Masuk akal jika perusahaan tersebut menjadi salah satu target Uni Eropa.

Akhir dari monopoli iOS App Store akan segera berakhir. Beberapa tim saat ini sedang bekerja untuk dapat membuka iOS untuk melakukan sideload, mendapatkan aplikasi dari sumber yang belum diketahui diluar toko aplikasi resmi. Namun, beberapa percaya bahwa sideloading merupakan tindakan yang berbahaya. Tidak ada persyaratan khusus dan keamanan yang harus dipenuhi aplikasi tersebut untuk dapat diunduh.

Kekecewaaan terhadap Undang-Undang kebijakan pasar digital juga tidak bisa dihindari oleh pihak internal Apple. Mereka akan mengalami penurunan pendapatan apabila pengunduhan aplikasi melalui pihak ketiga benar-benar terjadi.

Apple diharapkan untuk dapat menggabungkan kemampuan belanja dan sideload aplikasi melalui pihak ketiga pada update iOS 17 tahun depan yang kemungkinan hanya akan terjadi di Eropa.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini