Angkat Daya Saing UKM, COSMOS Resmi Meluncur di Indonesia

0
COSMOS

Gadgetdiva.id — Lembaga COSMOS (Center for SME Movements) resmi diluncurkan pada Kamis (16/12). Lembaga ini hadir untuk meningkatkan daya saing UKM Indonesia ke tingkat nasional dan global.

COSMOS diresmikan di Museum Nasional Indonesia dan disaksikan oleh tiga kementerian serta ratusan tamu eksekutif. Mereka mewakili akademisi, industri, komunitas dan media.

Ada tiga cara yang akan dilakukan oleh lembaga COSMOS untuk mendukung UKM lokal. Pertama, melakukan kajian dan penelitian untuk membantu para pihal mengambil keputusan atau pembuat kebijakan di tingkat daerah dan nasional.

Kedua, ikut meningkatkan pengerahuan dan keterampilan UKM melalui pendampingan langsung di lapangan. Ketiga, berperan aktif dalam menciptakan nilai (value creation) di sepanjang rantai pasok untuk menghasilkan produk atau jasa sesuai permintaan maupun yang dapat ditawarkan kepada pasar.

COSMOS

“Dunia usaha memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis yang bisa membantu UKM naik kelas, dan tujuan COSMOS adalah membantu mendistribusikan informasi ini kepada semua pihak untuk meratakan kesempatan bisnis,” tutur Executive Director COSMOS Titah Yudhistira dalam pernyataan resminya, Kamis (16/12). 

Dia menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh UKM Indonesia salah satunya ialah aksesibilitas terhadap informasi. Tantangan tersebut dihadapi secara beriringan dengan potensi yang dimiliki mereka.

Lebih lanjut, COSMOS sendiri diluncurkan untuk menawarkan banyak peluang bagi UKM. Guna menghadapi perkiraan resesi yang akan dihadapi tahun depan.

Rantai pasokan global yang dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 serta lock down di RRC, menawarkan peluang bagi Indonesia untuk menjadi lebih mandiri dengan investasi yang tepat dan berbagai Peraturan Pemerintah yang lebih pro UKM.

COSMOS

COSMOS membuka peluang bagi pelaku bisnis, pemerintah, LSM, media, serta pemangku kepentingan lainnya untuk ikut bergabung atau membantu mengumpulkan informasi. Ide dan pengalaman bisnis yang bisa digunakan oleh pelaku UKM.

“COSMOS tidak bisa bekerja sendiri, dan kami menyambut mitra-mitra lainnya untuk bersama-sama memberikan komitmen guna mendukung pertumbuhan UKM Indonesia. Bersama-sama, kita dapat membantu UKM berkembang dan menciptakan masa depan yang lebih sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutur Titah Yudhistira. 

Adapun UKM yang turut mendukung kehadiran COSMOS. Di antaranya ialah Evermos dan perusahaan modal ventura Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

“Kami di TMI menyambut baik berdirinya COSMOS guna meningkatkan kesejahteraan sosial di Indonesia melalui pemberdayaan UKM,” kata CEO TMI Mia Melinda.

Evermos sendiri ialah aplikasi social commerce yang bertujuan untuk memberdayakan dan membangun ekonomi gotong royong dengan membantu brand menjangkau lebih banyak pelanggan. Termasuk turut membantu reseller memperoleh penghasilan tambahan dan membantu konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas.

“Kita merasa ada strategic fit antara Evermos dan COSMOS guna memberikan dampak yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat dan perekonomian Indonesia. Dan berbagi pengetahuan dan pengalaman adalah suatu yang bisa memberikan dampak bisnis yang cukup signifikan,” tutup CEO Evermos Ghufron Mustaqim. 

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini