Induk Perusahaan Google, Alphabet Pangkas 12 Ribu Karyawan

0
Alphabet
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Induk perusahaan Google, Alphabet dikabarkan memangkas sekitar 12.000 karyawannya. Perusahaan akan berfokus menggunakan teknologi AI untuk operasional pekerjaannya.

Berdasarkan keterangan resminya yang dikutip dari Reuters, Sabtu (21/1), Alphabet sedang menghadapi kesulitan ekonomi. Sehingga, mereka harus menggandakan kecerdasan buatan (AI) dan memberhentikan staf pada proyek eksperimentalnya.

Bos Alphabet Sundar Pichai bersedia untuk bertangggung jawab penuh atas keputusan yang dilakukan oleh perusahaannya. Menyebabkan mereka harus melakukan PHK kepada ribuan karyawannya.

Aplhabet PHK 12 Ribu Karyawan

Pichai juga menyatakan bahwa pihaknya kini akan merekayasa ulang kembali biaya serta mengarahkan bakal dan modal mereka ke priortias tertinggi. Tepatnya ialah memperbanyak produknya dengan teknologi AI.

Keputusan pemberhentian pekerjaan karyawannnya ini memengaruhi sekitar 6% atau setara dengan 12.000 karyawan. Sementara itu, saham Aplhabet yang berbasis Mountain View, California ini meningkatkan tenaga kerjanya hampir sepertiga hingga 2020 dan 2021, naik 4% pada hari Jumat (20/1).

Alphabet
Foto: Reuters

Sebagai pemimpin teknologi AI, induk perusahaan Google ini telah menghadapi banyak persaingan dari Microsoft. Dilaporkan mereka ingin meningkatkan sahanya pada ChatGPT.

Analis menilai bahwa Alphabet mengalami kesulitan ekonomi. Sehingga, perusahaan dianggap tak kebal dengan resesi yang harus dihadapi oleh AS.

Sementara itu, Analis lainnya menyatakan bahwa 12.000 karyawan yang dipulangkan Alphabet ini merupakan rekor tertinggi yang pernah dilakukan oleh perusahaan. Adapun penghematan biaya perusahaan dari pemutusan hubungan kerja ini, yakni sejumlah USD 2,5 miliar hingga USD 3 miliar.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini