Tak Mau Kalah, Google Bakal Luncurkan Bard Mirip ChatGPT

0
Google
Foto: Reuters

Gadgetdiva.id — Tak mau kalah dengan OpenAI, Google turut umumkan teknologi chatbot pertamanya. Platform tersebut bernama Bard.

Bard sendiri merupakan teknologi conversations artificial intelligence (AI) alias percakapan kecerdasan buatan. Google menyatakan bahwa platform ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, namun tak menjelaskan lebih lanjut tanggal tepatnya.

Platform Bard secara tak langsung akan bersaing dengan ChatGPT besutan OpenAI. Platform tersebut akan didukung oleh model bahasa beasr Google yang disebut dengan Language Model for Dialogue Applications (LaMDA).

Google mengungkap bahwa kini Bard sedang dalam proses pengujian terpecaya. Sebelum, nantinya dirilis secara publik dan tersedia untuk audiens yang lebih luas.

CEO Google Sundar Pichai menyatakan bahwa Bard akan membawa beragam fitur yang ditenagai oleh AI dalam penelusuran yagn menyaring informasi kompleks dan berbagai perspektif ke dalam format yang mudah dicerna. Sehingga, pengguna dapat dengan cepat memahami gambaran besarnya.

“Segera, Anda akan melihat fitur-fitur bertenaga AI di Search yang menyaring informasi kompleks dan berbagai perspektif ke dalam format yang mudah dicerna,” tutur Sundar yang dikutip dari Gizmochina, Rabu (7/2).

Bard

Hal tersebut memungkinkan pengguna dapat dengan cepat memahami gambaran besarnya dan pelajari lebih lanjut dari web. Seperti mencari perspektif tambahan, mendalami topik yang dicari hingga memberi langkah-langkah untuk memulai sebagai pemula.

Perkembangan tersebut terjadi setelah pertemuan semua pihak diselenggarakan oleh Google dimana para karyawan dapat mengemukakan kekhawatiran terkait keunggulan kompetitif perusahaan di ruang teknologi AI karena popularitas ChatGPT meningkat.

Sesuai laporan Chief AI Google Jeff Dean, Google dapat menanggung risiko reputasi dalam memberikan informasi yang salah. Oleh karena itu, mengambil lankgah lambat dan hati-hati sebelum meluncurkan lebih bayak fitur berbasis AI.

Sampai saat ini, Google mengunkapkan rincian lebih lanjut terkait Bard dan teknologi apa yang sebenarnya mampu dilakukan. Selain memberi beberapa contoh.

Namun, Google berharap bisa mendapatkan lebih banyak informasi dalama cara Google Presensts mendatangkan. Acara tersebut dijadwalkan di Paris pada 8 Februari 2023 besok di Paris.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Tinggalkan Balasan